Edisi 17-04-2018
Mengatur Posisi Horizon di Latar Belakang Foto


BERFOTO dengan latar belakang objek wisata khas setempat saat berwisata ke suatu lokasi berlatar pemandangan indah adalah hal wajib.

Hal yang paling sering ditemui dalam sebuah bidikan hamparan pemandangan adalah garis cakrawala atau horizon. Untuk mendapatkan komposisi foto yang menarik saat memotret subjek teman atau keluarga dengan latar belakang pemandangan, satu hal yang perlu diperhatikan dan dapat mengubah keseluruhan tampilan hasil foto adalah posisi garis cakrawala atau horizon di latar belakang foto kita. Sering kali saat memotret subjek foto dengan latar pemandangan, kita bergerak ke kiri dan ke kanan untuk mengatur posisi objek latar pemandangan agar tidak tertutup subjek foto. Sedangkan, posisi ketinggian garis cakrawala atau horizon sering terabaikan.

Padahal, kita bisa berkreasi dan mendapatkan efek foto yang sangat berbeda hanya dengan mengubah posisi ketinggian garis cakrawala di belakang subjek foto. Untuk mengubah ketinggian horizon di latar belakang foto, caranya cukup sederhana. Kita hanya perlu menaikkan atau menurunkan posisi kamera saat memotret. Semakin tinggi posisi kamera, posisi garis horizon pun akan semakin tinggi di belakang subjek. Sebaliknya, semakin rendah posisi kamera, garis horizon di belakang subjek juga akan semakin rendah. Perhatikan perbedaan contoh Foto 1 dan Foto 2.

Kesan kedua foto ini terlihat sangat berbeda hanya karena perbedaan posisi garis horizon di latar belakang foto. Setelah memahami efek pengaturan garis horizon ini, pastikan kita tidak lagi hanya bergeser ke kiri dan kanan saat memotret subjek dengan latar pemandangan, tetapi juga mengatur tinggi-rendahnya posisi kamera.

Untuk memudahkan memotret dari berbagai sudut ketinggian, gunakanlah kamera digital yang dilengkapi layar LCD yang dapat ditekuk, seperti kamera Canon Power- Shot G7 X Mark II yang digunakan untuk memotret kedua contoh foto ini, sehingga kita tetap bisa membidik dengan leluasa dari berbagai sudut ketinggian berbeda.

selamat memotret!