Edisi 17-04-2018
Nikmati Booming Cryptocurrency


BOOMING bitcoin dalam beberapa tahun terakhir ternyata dinikmati seba gian orang yang meman faatkan mata uang digital (cryptocurrency ).

Beberapa mata uang digital meng alami kenaikan harga hingga lebih dari 10.000%. Chris Larsen dan Changpeng Zhao adalah dua orang yang masuk daftar orang terkaya sejagat karena cryptocurrency . Siapa mereka?

Chris Larsen

Mengundurkan diri pada November 2016 sebagai Executive Chairman Ripple, Larsen masih memiliki aset berupa 5,91 miliar Ripple dan 17% saham perusahaan. Larsen pernah mengalami momen menjadi salah satu orang terkaya di seluruh dunia dalam semalam. Kekayaannya secara singkat melonjak menjadi sekitar USD60 miliar, tetapi kemudian jatuh dengan tajam. Larsen mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa bank harus dilihat sebagai figur yang mirip orang tua bagi pelanggan mereka.

Chang Zhao

Chang Zhao, 41, berada di urutan 1.650 dalam daftar orang terkaya sejagat dengan total kekayaan USD1,4 miliar. Pria yang dikenal dengan sebutan CZ ini merupakan pendiri dan CEO Binance, bursa penukaran bitcoin cs terbesar di dunia. Ketika Pemerintah China melarang transaksi bitcoin , dia memin - dahkan operasional perusahaan ke tiga negara. Binance mampu memproses 1,4 juta transaksi dalam satu detik. Pada kuartal IV/2017, Binance mencetak laba bersih USD200 juta.

Zhao adalah warga Tiongkok- Kanada yang memulai karier sebagai coder yang bekerja di perusahaan trading Tokyo Stock Exchange dan Tradebook milik Bloomberg. Dia kemudian membangun software untuk trading . Tinggal di Tokyo dan New York, Zhao akhirnya pindah ke Shanghai untuk memulai Fusion System, teknologi untuk broker. Pada 2013, ketika mendengar soal bitcoin , Zhao langsung tertarik dengan cryptocurrency . Lalu, tidak lama kemudian dia meluncurkan Binance dan menggalang dana USD15 juta. Yang membedakan Binance dengan kompetitor adalah kecepatannya.

Platform konversi digital tersebut dapat memproses hingga 1,4 juta transaksi/detik sehingga mampu meng gamit jutaan pengguna. “Tidak ada sistem penukar mata uang yang mampu me - nampung volume dan se aman kami,” ujar Zhao. Dia belajar ilmu komputer di McGill University Canada dan selalu memakai jaket hoodie. Sementara itu, Binance terus memperdagangkan berbagai macam koin, token BNB mekera, juga perlahan me - ningkat dengan market cap mencapai USD1 miliar. La yanan ter baru Binance adalah mencip - takan blockchain untuk publik, software yang mendukung crypto - currencies dan aman dari serangan hacker .

Dengan sahamnya di Binance, Zhao memiliki kekayaan bersih USD1,4 miliar. Dengan kecerdasan membuat program serta semangat dan berwawasan wirausaha di bidang trading, Zhao sukses menjadi salah satu orang ter kaya di dunia.

Danang