Edisi 17-04-2018
BPJS-K Akomodasikan 32.000 Pekerja Lintas Agama


MANADO–Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-K) Manado menargetkan peserta program lintas agama di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Su - lut Erny Tumundo me mas ti - kan, jika saat ini sudah didata ada sekitar 32.000 tokoh lintas agama akan diakomodasikan pemerintah untuk ikut dan masuk program BPJS-K. “Saya sudah audiensi de ngan Pak Gubernur untuk me ng - akomodasikanpekerja lin tas agama ini. Selain mungkin ada CSR dari BPJS K etena gaker jaan akan mengakomoda siselama dua bulan. Kemudian sisanya akan dicover Pemerintah Sulut,” katanya, akhir pekan lalu. Pekerja lintas agama ini, kata Tumundo, meliputi imam, pendeta, dan semua pimpinan agama di Sulut. Mereka akan diakomodasi dua program, yaitu kecelakaan dan ke ma ti - an.

“Inilah bentuk perhatian pemerintah karena program ini mendapat apresiasi gu ber - nur. Ini program sangat mulia karena pemerintah siap me - nang gung iuran lewat dana pe - merintah sehingga kepeser taan gratis dan tidak membayar serupiah pun,” ujarnya. Kepala BPJS-Kete na gakerjaan Cabang Manado Asri Basir mengakui, jika tahun ini pi hak - nya akan menargetkan tenaga kerja di semua agama, baik Kris ten Protestan, Katolik, Islam, Hindu, dan Buddha. “Bah kan dari pimpinan Kong - hucu juga sudah me nyam pai - kan akan ikut dalam program tersebut,” ujarnya.

Kepesertaan tenaga kerja ter sebut akan dijamin ke ce la - ka an kerja (JKK) dan kematian (JKM) hanya dengan iuran sebesar Rp10.800 per bulan, dengan patokan gaji sebesar Rp2 juta. Untuk tahap per ta - ma, katanya, pihaknya sudah me lakukan sosialisasi dan edu - kasi kepada pimpinan Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) dan Gereja Pan te kos - ta di Indonesia (GPDI). “Pihak kami selain sudah da - tang langsung, juga mem bawa surat resmi untuk me nyam pai - kan perihal ini,” katanya.

Sementara itu, Asisten De - puti Bidang Perluasan Peserta BPU dan Jasa Konstruksi me - wakili BPJS Ketenagakerjaan Hadi Purnomo mengapresiasi perhatian Pemerintah Sulut yang sudah memulai hal luar biasa karena memberikan per - lindungan kepada pekerja lin - tas agama. “Jumlah 32.000 adalah jum - lah sangat luar biasa. Insya Allah, bulan Mei sudah bisa di - realisasikan. Inilah bentuk ke - pedulian pemerintah kepada pekerja lintas agama di Sulut. Ini bentuk kepedulian yang luar biasa,” katanya.

Cahya sumirat