Edisi 17-04-2018
Duel dengan Dua Ekor Beruang, Warga Terluka


PEKANBARU - Dasril, warga Dusun Lubuk Ulat, Desa Cipang Kiri Hulu, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rohul, Riau, dirawat di rumah sakit akibat luka parah diserang beruang.

Pria berusia 48 tahun ini menyatakan sempat berduel dengan binatang buas itu. Kapolres Rohul AKBP Muhammad Hasyim Risahondua mengatakan, korban sedang menjalani operasi pada bagian kakinya di RS Awal Bros di Ujung - batu, Riau. “Korban sem pat berduel dan membacok sa lah satu beruang,” ucap Mu hammad Hasyim Risahondua, kemarin. Dari keterangan korban kepa da polisi, saat itu Dasril berangkat ke kebun karet pada Minggu (14/4) dari rumahnya. Ja rak dari rumah ke kebun se ki - tar 3 kilometer.

Dari rumah ke kebun korban berjalan kaki. Baru jalan sekitar 2 kilometer, tiba-tiba dia hadang dua ekor beruang berukuran besar. Ha nya hitungan menit, salah satu beruang langsung menyerang Dasril. Korban kemudian me la - wan dan melayangkan golok yang dipegangnya. “Korban sempat membacok bagian kepala beruang pertama yang menyerangnya. Kemu - dian beruang pertama me la ri - kan diri,” ucapnya. Tidak berapa lama, beruang kedua langsung menye rang - nya. Korban tidak sempat meng arahkan parangnya. Bi natang penyuka madu ini langsung menerkam di bagian ka kinya.

Seusai menerkam, beruang itu pergi. Gigitan itu membuat korban mengalami luka parah. Dasril melalui keluarganya mengatakan saat itu berusaha balik ke rumah dengan sisa te - naganya. Namun, Dasril tidak sanggup berjalan lagi karena hampir kehabisan darah. Ber - untung, ada warga yang melihat dan membawa korban ke ru - mah sakit. Saat itu, korban ba - nyak mengeluarkan darah me - ngucur, tapi kini kondisinya su - dah mulai membaik. Sementara itu, Balai Besar Kon servasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mengirim pe tu - gas guna melacak keberadaan dua ekor beruang madu yang me ner kam se orang petani di Ka bu pa ten Ro kan Hulu hingga terluka.

“Tim kita sudah ke lokasi untuk me ngumpulkan infor ma si dan me la cak satwa ter sebut,” kata Ke pa la Humas BBKSDA Riau Dian In driati di Pekanbaru. Hingga kini, tim yang terdiri atas Bidang Wilayah II BBKSDA Riau masih berada di lokasi un - tuk me ngumpulkan informasi pas ca kejadian tersebut.

Banda haruddin tanjung