Edisi 07-05-2018
Hidup Berkualitas dengan KB


SETIAP perempuan punya hak untuk memutuskan metode kontrasepsi yang tepat. Penggunaan kontrasepsi tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan reproduksi, te tapi juga masa depan keluarga.

Berbicara tentang kontrasepsi, sebuah penelitian mengonfirmasi bahwa kemampuan perem - puan untuk menggunakan kontrasepsi dan menentukan apakah dan kapan memiliki anak dapat meningkatkan kesempatan mereka untuk memperoleh pendidikan dan pekerjaan yang diinginkan. Pada akhirnya hal itu akan berpengaruh terhadap pe - ningkatan jumlah pendapatan mereka serta menjadikan keluarga lebih memiliki kese - hatan mental dan kebahagia - an yang stabil, yang berujung pada kesejahteraan anakanak mereka. Namun, riset lain menye - butkan bahwa rata-rata perempuan menghabiskan waktu kurang dari 15 menit untuk memutuskan memilih metode kontrasepsi yang tepat bagi mereka.

Padahal, perempuan bisa menghabis - kan waktu lebih dari satu jam untuk memutuskan baju mana yang akan mereka kenakan hari ini. Dr Dinda Der - dameisya SpOG menuturkan, sudah seharusnya perempuan masa kini mempunyai rencana ka pan menikah dan menunda keha - milan. Berbicara tentang pe - rencanaan, kontrasepsi me - miliki peran terpenting. Se tiap perempuan memiliki hak mengetahui, mempela jari, dan memutuskan meto de kon trasepsi yang tepat bagi me reka. “Sebab, penggunaan kon trasepsi akan bermanfaat ti dak hanya untuk kesehatan re produksi perempuan, tetapi ju ga masa depan keluarga nya,” paparnya dalam peluncur an situs moth3rs.com yang di - adakan Kontrasepsi Andal an.

Di sisi lain, Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Swasta BKKBN drg Widwiono MKes me nuturkan, dengan me - miliki perencanaan ke - lu ar ga, akan lahir generasi pe - nerus yang bertumbuh kem - bang secara optimal dan siap menghadapi tantangan za - man. “Di samping terjalin nya iklim pernikahan yang lebih kondusif, tercipta pula kese - jahteraan psikologis perem - pu an dalam melakoni aneka peran sesuai tugas per kem - bangan yang dia jalani sepan - jang hidupnya,” kata drg Widwiono. Dari kacamata psikolog, Febria Indra Hastati MPsi meng ungkapkan, perempuan yang mempunyai rencana akan mempersiapkan men tal - nya. Sebab, memiliki anak ber - arti menambah satu pe ran.

“Makanya, harus se im bang agar tidak stres, depresi. Ketika anak berjarak terlalu dekat, misalnya, bisa terjadi sibling rivalry, kakak jahilin adiknya, belum lagi ha - rus cari pengasuh,” urai Febria. Jika hal ini tidak ditangani dengan baik, bukan tidak mung kin si ibu terkena stres. Stres juga bisa terjadi akibat sang ibu tidak mendapat du - kungan suami atau pihak ke - lu arga atau tidak dapat me - nunjukkan eksistensinya. “Ka lau sudah begini, bagai - mana ibu bisa mengoptimalkan lima tahun pertama atau golden period si kecil,” ungkap - nya. Pada masa emas tersebut, tengah berlangsung tumbuh kembang optimal anak. Maka itu, anak butuh per - hatian penuh. Kalau tidak ter - penuhi, di samping per tum - buh an fisik yang terganggu, perkembangannya juga su - dah pasti tidak maksimal.

Febria juga menyoroti per - nikahan dini yang masih marak terjadi di Tanah Air. Padahal, mereka baru berusia remaja, yang artinya masih dalam tahap pertumbuhan. Jadi, ketika hamil, akhirnya pertumbuhan ibu dan anak - nya tidak maksimal sehingga terjadilah stunting . Pada kesempatan itu, Pro - duct Manager Kontrasepsi Andalan Norina Veronica memberikan tips terkait pe - milihan kontrasepsi yang te - pat. “Pertama, pilih kontra - sepsi yang sesuai dengan ke - nyamanan dan kepribadian Anda. Anda bisa membuka moth3rs.com untuk me - ngetahui perencanaan pilihan kontrasepsi modern yang sesuai,” katanya. Dia juga menya ran - kan untuk ber konsultasi dengan obgyn atau bidan.

“Lakukan konsultasi dengan dok ter kandungan atau bidan setelah menemukan metode kontrasepsi yang dipilih. Me - reka dapat membantu me - nyarankan apakah kontra sepsi tersebut cocok atau tidak ber dasarkan gaya hidup dan kon disi kesehatan yang ber - sangkutan,” beber Norina. Moth3rs.com pada dasar - nya adalah sebuah platform perencanaan bagi ibu dan calon ibu di Indonesia yang dikemas dalam bentuk tips dan trik yang memberikan inspirasi untuk perencanaan keluarga.

“Bila ibu ingin tahu metode kontrasepsi yang tepat untuk menunjang aktivitas dan kesibukannya, semua informasi tersebut bisa didapat di situs ini,” pungkas Norina.

Sri noviarni