Edisi 16-05-2018
Guru Besar ITS Kembangkan Senyawa Antikanker


SURABAYA - Guru besar baru Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya di bidang kimia murni memberikan harapan baru bagi para penyandang kanker di Indonesia.

Dalam penelitiannya, Prof Fahimah Martak yang dikukuhkan sebagai profesor di Graha Sepuluh Nopember ITS menemukan teknologi yang bisa mengembangkan senyawa kompleks untuk antikanker. Dalam orasi ilmiahnya berjudul ”Senyawa Kompleks: Aplikasi pada Material Magnetik dan Senyawa Antikanker”, dia membeberkan penelitiannya yang berhasil mengembangkan senyawa kompleks sebagai lapisan material magnetik dan zat antikanker. ”Senyawa kompleks ini akan berguna pada bidang industri dan farmasi,” ujar Fahimah di Surabaya kemarin. Dosen Departemen Kimia Fakultas Ilmu Alam (FIA) ini mengatakan, senyawa kompleks adalah senyawa kimia yang terbentuk antara senyawa ligan dan ion logam.

Senyawa kompleks dengan ligan senyawa N-(alilkarbamotioil) benzamida dimodifikasi strukturnya dengan menambahkan 12 macamsubstituenberbedapada senyawa benzena. Ini akan mengaktifkan senyawa kompleks sebagai zat antikanker. ”Dalam melakukan modifikasi, dilakukan penambahan masing-masing substituen tersebut berdasarkan sifat lipofilik, elektronik, dan sterik senyawa ligannya,” ungkapnya. Fahimah juga menjelaskan, penelitiannya mengenai senyawa kompleks ini masih berlanjut dengan menggunakan ligan berbeda, yakni 4,5 difenil- 1H-imidazol. Ligan tersebut dimodifikasi strukturnya dengan menambahkan substituen gugus kloro dan nitro.

”Kompleks dengan ligan 2(4-klorofenil),4,5-difenil- 1H-imidazol memiliki peranan aktif untuk membunuh sel kanker jenis cellines Humans Colorectal (HCT 116),” ujarnya. Rektor ITS Prof Joni Hermana mengatakan, sejak tahun lalu ITS mencoba meningkatkan kontribusi nasional terutama bidang sains dan teknologi dalam memecahkan persoalan bangsa. ”Semoga dengan dikukuhkannya Prof Fahimah dapat membawa keberkahan bagi semua, baik keluarga, sivitas akademika ITS dan bangsa Indonesia melalui penelitian yang dihasilkan,” ujar Joni.

Aan haryono

Berita Lainnya...