Edisi 16-05-2018
GSBC1 Wakili Indonesia di AS


JAKARTA - Tim Basket Gading Sakti Basketball Club (GSBC1) mewakili Indonesia ke babak final dunia Turnamen Basket 3- on-3 Red Bull Reign.

Mereka akan terbang ke Amerika Serikat (AS) dan tampil di lapangan prestisius Barry Farms di Kota Washington DC yang merupakan rumah bagi Goodman League, September mendatang. Langkah GSBC1 menda patkan tiket ke AS tidak bisa di katakan mudah.

Karena, sebelum itu mereka harus bersaing dengan 11 tim lainnya dari Jakarta, Bandung, Bogor, Surabaya, dan Bali di pertandingan satu hari penuh di Lapangan Basket Pati Unus. Sebelum itu, 11 tim sudah harus bersaing di babak kualifikasi.

Red Bull Reign adalah satusatunya event yang menggunakan sistem angka kumulatif, di mana tim dengan angka tertinggi yang berhak maju ke babak selanjutnya. Sistem ini membuat Red Bull Reign menjadi turnamen yang berfokus pada penyerangan.

GSBC1 yang dihuni Jonathan Saragih, Pringgo Regowo, Muhammad Tri Wicaksono, dan Muhammad Arighi melaju ke putaran final setelah menyingkirkan wakil Bandung Jetlife.

Menariknya, menurut Anthony Gunawan selaku Event Director, GSBC1 awalnya tidak lolos ke putaran selanjutnya di babak kualifikasi. Tapi, lanjut Anthony, satu spot yang ditinggalkan tim Bogor karena mengundurkan diri mem buat mereka harus ber main sekali lagi di babak kua lifikasi ekstra untuk satu spot tersebut pada sesi pagi hari.

Setelah melalui perjuangan yang panjang, mereka berhasil memenangkan babak kualifikasi ekstra tersebut, melaju ke babak final dan berhasil memenangkan babak final dengan skor 15 vs 4 melawan Jetlife. “Hasilnya, mereka berhak menyandang gelar juara Red Bull Reign Indonesia 2018,” ujarnya.

Ini bukan pertama kali mereka mewakili Indonesia ke ajang internasional. Jonathan adalah salah satu anggota tim Aplus yang menjadi pemenang Red Bull Reign Indonesia 2017 tahun lalu dan pernah berpartisipasi pada FIBA 3x3 World Tour Utsonomiya Master pada tahun 2016.

ma’ruf