Edisi 16-05-2018
Modal Perdana Warriors


HOUSTON - Golden State Warriors sukses mencuri kemenangan pada game pertama final Wilayah Barat NBA musim ini setelah mengalahkan Houston Rockets 119-106 di Toyota Center, kemarin.

Keberhasilan itu menjadi modal perdana Warriors karena unggul 1-0 dalam pertarungan sistem tujuh laga (best of seven ) tersebut. Warriors untuk pertama kali memulai bermain di laga tandang sejak 2014 pada babak play-off sempat tampil kurang baik di awal pertandingan.

Tapi, mereka bangkit di dua kuarter terakhir yang membuat timnya merebut game tersebut. Namun, Warriors harus berterima kasih kepada Kevin Durant yang menjadi bintang kemenangan timnya setelah mencetak 37 poin di laga itu. “Kami berada di final Wilayah Barat.

Mereka (Rockets) keluar dengan kekuatan terbaik,” kata Durant, dilansir thescore . “Kami mengambil game pertama dan terus memukulnya. Mereka tidak pernah menyerah dan selalu melakukan tembakan tiga poin. Kami mencoba mendapatkan tembakan yang bagus setiap kali turun dan bertahan di sisi yang lain,” sebutnya.

Selain itu, Klay Thompson juga tampil gemilang setelah membukukan 28 poin. Sementara Stephen Curry berhasil mendapatkan 18 poin dan Andreas Iguodala menambahkan 11 angka yang sekaligus membawa Warriors memiliki modal bagus dalam laga final tersebut.

Apalagi, mereka akan kembali bertanding pada game kedua yang masih berlangsung di ToyotaCenter, Kamis (17/5). Pelatih Warriors Steve Kerr pun mengaku senang atas keberhasilan timnya yang mencuri game pertama dengan kemenangan.

Apalagi, para pemainnya tidak tertekan meski menghadapi Rockets yang tampil luar biasa pada dua babak sebelumnya di play-off NBA musim ini. Namun, Kerr sangat berterima kasih kepada Durant yang bermain apik sepanjang 40 menit di atas lapangan. “Durant adalah kemewahan tertinggi.

Permainannya bisa menghancurkan lawan. Dia bisa memberikan apa yang orang lain belum tentu bisa lakukan. Durant adalah seorang pebasket yang membuat kami bisa mengatasi tekanan. Saya tidak tahu apa yang saya lakukan untuk menjaganya.

Dia bisa mendapatkan tembakan yang dia inginkan,” papar Kerr. Sementara itu, Rockets yang terus memainkan pola isolasi (isolation ) dan pick and roll yang membuat barisan pertahanan Warriors harus bertukar penjagaan.

Hal tersebut yang membuat James Harden nyaris tak berhadapan dengan Durant secara langsung. Hasilnya, dia berhasil mengemas 41 poin atau yang tertinggi pada pertandingan itu. Bukan hanya Harden, Chris Paul menjadi satusatunya pemain yang mencetak dobel-dobel pada laga ini dengan 23 poin dan 11 rebound .

Clint Capela yang total bermain selama 30 menit memberikan kontribusi 12 poin dan enam rebound. Sementara Eric Gordon yang memulai dari bangku cadangan menyumbangkan 15 poin dan lima rebound yang sayangnya tak mampu menghindarkan timnya dari kekalahan.

Pelatih Rockets Mike D’Antoni mengatakan serangan timnya tak diimbangi dengan pertahanan yang bagus. Meski begitu, dia tatap mengakui permainan lawannya sangat baik, termasuk Durant yang menjadi bintang di laga itu. “Dia salah satu pencetak poin terbaik.

Saya pikir dia sangat bagus. Tapi, kami tidak bisa menahannya. Kami tidak bisa menahan balik bolanya dan menyerah begitu banyak tembakan three point yang terbuka lebar,” ungkapnya.

raikhul amar