Edisi 16-05-2018
Koleksi Terbaru Tenun dan Songket Betawi


DESAINER Anna Mariana tetap konsisten memilih tenun dan songket untuk koleksi nya. Dia memilih khas Betawi sebagai kostum 15 finalis Abang dan None (Abnon) Jakarta Selatan 2018.

Menurut Anna, kostum itu digarapnya dalam desain yang terkesan lebih grande dan men cerminkan zaman milenial saat ini. Untuk peserta Abang, diperlihatkan jas pas badan warna-warni elektrik dengan aksen tenun pada bagi an lutut, dada, dan tangan. Sementara untuk None, dikenakan gaun malam yang elegan dan mewah.

Menurut Anna, busana para finalis Abnon itu dirancangnya dari bahan berupa tenun ikat dan lukis. “Kostum itu sekaligus untuk lebih memperkenalkan dan mendekatkan para finalis dengan tenun dan songket Betawi yang kami ciptakan khusus sejak tiga tahun lalu,” ungkap Anna yang menjadi juri dalam Pemilihan Abnon Jakarta Selatan 2018.

Selanjutnya, Anna sema kin disibukkan dengan pem buatan desain tenun dan song ket Betawi terbaru. “Saat ini saya ma - sih terus mengem bangkan dan membuat karya terbaru untuk tenun dan song ket Betawi, dengan motif dan kualitas spesial dan ter baik.

Di samping itu, sudah ada tawaran membuat sera gam Pemda DKI, seragam per usahaan swasta seperti bank, dan karyawan perguruan ting gi,” bebernya. Anna menyebut, tawaran ini merupakan PR besar karena pesanan yang datang harus dibuat berbeda, tidak pasaran, dan wajib mempunyai ciri spesial dan kuat.

“Bersama seluruh pengrajin binaan yang ada, saya akan mengerahkan seluruh pikiran dan tenaga. Kami berupaya agar bisa terus mendukung proses pembuatan tenun dan songket Betawi,” ujarnya.

mg4