Edisi 16-05-2018
Si Bulat yang Selalu Jadi Pelengkap


MEJA merupakan elemen dekoratif tambahan yang memiliki keterkaitan langsung dengan elemen interior lainnya.

Kadang si bidang datar ini tampil sebagai pelengkap, tetapi sering menjadi proporsi utama ruang. Salah satu perabot yang dibutuhkan dan sering hadir dalam setiap ruangan adalah meja.

Furnitur yang satu ini tidak hanya berfungsi sebagai media untuk meletakkan aksesori ruang atau pernik, tetapi juga untuk menciptakan proporsi ruang sehingga memberi kesan ruangan tampak berisi. “Meja merupakan elemen pendukung interior yang dimasukkan untuk menjaga kestabilan nilai estetika dan karakteristik ruangan,” ungkap desain interior Rina Renvil.

Beragam desain meja da - pat diposisikan dalam setiap ruangan, tetapi semuanya harus disesuaikan dengan tema dan gaya interior serta pemanfaatannya. Umumnya desain model meja berbentuk persegi dengan siku lancip pada setiap sisinya. Namun, seiring perkembangan desain, sentuhan dinamis dan organik pada furnitur ini membuat tampilannya kini cukup menawan.

“Kini meja tidak tampil konvensional seperti dulu, tidak selalu tampil bulat dan persegi. Berkat sentuhan modern, banyak meja tampil begitu futuristik dan artistik. Semuanya bisa dipilih menyesuaikan karakter ruang dan penempatannya,” kata Rina.

Begitu pula dengan ukuran, tidak hanya besar dan tinggi, kini banyak meja justru tampil lebih rendah dan kecil, tetapi tetap fungsional. Materialnya pun semakin beragam, tidak hanya kayu kini plastik, aluminium, besi, dan kaca, akrilik pun telah menyentuh lembut desainnya.

Dari sisi materialnya, tidak hanya terdiri atas satu jenis. Beragam material terkadang sengaja disatukan dalam satu bentuk desain. Penempatannya pun tidak melulu di tengah ruangan. Anda bisa tempatkan meja di pinggir ruangan untuk mempermanis sudut ruangan, bahkan koridor kosong penghubung ruang.

Beragam jenis, mulai meja konsol, meja tamu, hingga meja makan, tampil lebih ekspresif. Furniture ini pun lebih sering dijadikan proporsi utama untuk menunjukkan karakteristik ruang. Tinggal memadupadankannya dengan beragam etnik tam bahan, jadilah elemen manis yang semakin memperkaya konsep interior.

aprilia s andyna