Edisi 16-05-2018
Desain Rumah Memanjang View Kolam Renang


Pertanyaan: Kebetulan saya melihat web astudioarchitect.com . Rencana saya mau buat desain rumah. Tanah saya 8 x 20 meter dan tampak mukanya 8 meter. Rencananya saya mau buat rumah dengan 3 kamar tidur.

Di lantai 2 semua untuk kamar tidur. Lantai satu dipakai sebagai ruang keluarga, dapur, dan ruang makan terbuka. Kalau bisa kamar tidur utama luas dan ada wardrobe tersendiri. Adapun kamar-kamar anaknya bisa lebih kecil. Inginnya ada semacam taman atau rencana kolam renang di sebelah rumah nantinya. Penginnya sih kalau mungkin ada kamar pembantu juga bisa tapi kalau memungkinkan saja. Terima kasih.

salam dari saya, Arie Z Jawaban: Terima kasih atas pertanyaan Bapak. Desain ini saya buat sebagai konsep rumah taman dengan rencana kolam renang sebagai pemandangan utama dari keseluruhan rumah. Jadi, rumah ini punya kesan memanjang dengan pemandangan penuh ke arah kolam renang di sepanjang sisinya.

Hal ini menjadikan rumah terasa lebih segar dan terasa luas karena pemandangan dari luar bisa masuk ke dalam dengan cukup leluasa. Kamar-kamar tidur diletakkan di lantai 2, dengan kamar tidur utama berada di bagian depan, dengan wardrobe dan kamar mandi tersendiri.

Bentukan desain fasad rumah dirancang dengan konsep yang sederhana, beratap pelana sederhana yang terlihat cukup unik berkat elemen seperti gerbang masuk rumah yang terkesan melebar seakan menambah kesan luas rumah. Demikian desain yang bisa saya buatkan untuk Bapak Arie, semoga bisa menjadi acuan dalam perencanaan pembangunan rumahnya.

Salam dari Astudio, Salam dari Astudio,

Probo Hindarto