Edisi 16-05-2018
Dibayar Lebih Tinggi


ISU gender masih berlaku di Hollywood. Ini dibuktikan dari rendahnya honor para aktris dibandingkan aktor lawan mainnya di film.

Namun, hal ini tidak berlaku bagi Jones. Sebuah sumber mengatakan kepada The Hollywood Reporter bahwa di antara para bintang Rogue One: A Star Wars Story , Jones mendapat bayaran tertinggi. Dikabarkan bahwa Jones bernegosiasi soal bayarannya untuk film tersebut hingga mencapai nominal tujuh digit. Sebaliknya, Diego Luna hanya menerima bayaran enam digit.

“Saya ingin bayaran sesuai dari pekerjaan yang saya lakukan. Itulah yang diinginkan setiap wanita di dunia,” ujar Jones kepada Glamour . Tentu saja honor yang diterima Jones itu masih terbilang jarang untuk sebuah industri, di mana wanita masih dipandang berada di bawah pria.

Sebelumnya peraih Oscar, Jennifer Lawrence, mengungkapkan bahwa dia dibayar lebih rendah daripada lawan main prianya di film American Hustle . Lawrence kemudian memulai sebuah esai meminta negosiasi untuk honor yang sepantasnya dia terima. Kesenjangan gender dalam industri perfilman Hollywood memang nyata.

Maka itu, Jones berpikir bahwa berbicara lebih terbuka soal honor akan membantu menutup kesenjangan yang ada. “Itu adalah tindakan berani, di mana para aktris berani menghadap dan meminta perlakuan yang sama,” tutur Jones.

Dengan begitu, lanjut Jones, aktris muda akan lebih percaya diri untuk mendiskusikan dengan agen mereka dan berkata, ‘Apakah kita yakin bahwa saya telah dibayar sesuai pekerjaan yang saya lakukan? Diketahui, Diego Luna dan Ben Mendelssohn menerima bayaran lebih rendah.

Sementara Jones yang mendapat nominasi Oscar 2014 dalam film The Theory of Everything mengaku layak mendapat honor yang berbeda lantaran Jyn Erso, karakter yang dia perankan, adalah fokus utama film. Berita bayaran Jones untuk film Rogue One ini sekaligus sebagai pertanda bahwa Hollywood akhirnya mengubah pandangannya terhadap ketimpangan bayaran antara aktor dan aktris.

Tetapi, bisa juga hal itu semata-mata hanyalah ambisi Jones dan timnya. Jones kabarnya juga mendapat keistimewaan lainnya. Dalam kontrak, disebut dia akan dilibatkan kembali dalam sekuel Rogue One . Padahal, Presiden Lucas Film Kathleen Kennedy sebelumnya menegaskan tidak akan ada sekuel untuk prekuel Star Wars ini.

Hal ini memunculkan spekulasi akan ada film tersendiri yang mengangkat kisah Jyn Erso. Karakter Jyn Erso yang dimainkan Jones adalah seorang yang keras hati dan berkeinginan menghancurkan Empire. Sebelumnya Jones bermain di film Theory of Everything yang membuatnya menerima banyak pujian sekaligus penghargaan.

Lebih jauh, Jones sekaligus menunjukkan kelasnya. Wanita yang mengaku seorang feminis ini benci dengan tawaran peran yang hanya menjadikan wanita sebagai objek seks semata. “Saat menonton film, orang kadang ingin melihat karakter tentu dalam sebuah peran.

Seperti saya memerankan peran Jyn di film Rogue One ini, saya pastikan orang melihat Jyn seorang pejuang, bukan karena tubuh saya yang kecil atau bentuk fisik saya yang lainnya,” tuturnya.

sri noviarni