Edisi 16-05-2018
Fakta Felicity Jones


Felicity Rose Hadley Jones lahir pada 17 Oktober 1983 di Birmingham, Inggris. Ayahnya, Gareth Jones, seorang jurnalis di Wolverhampton Express dan Star Newspaper , sedangkan ibunya, Julia Harley-Davidson, bekerja di bagian periklanan di koran yang sama.

Kakak laki-lakinya berprofesi sebagai editor film. Ketika masih berusia 3 tahun, kedua orang tuanya bercerai. Jones dan kakaknya diasuh sang ibu. Kebetulan ibunya memiliki minat di bidang seni. Dia sering mengajak kedua anaknya menonton bioskop dan pertunjukan teater. Dari situ, Jones menemukan bakat aktingnya dan bergabung dengan klub drama di Custard Factory. Pendidikan Jones mengambil Sastra Inggris di Oxford. Sebelumnya dia malah ingin kuliah hukum.

Itu pilihan yang tepat karena jika jadi mengambil kuliah hukum, dia tidak akan bisa mengembangkan talentanya sebagai aktris. Ralph Fiennes, sutradara yang bekerja dengan Jones pada 2013 di film The Invisible Woman , mengatakan kepada Vogue bahwa Jones adalah aktris yang natural.

Awal Karier Pertama kali Jones berakting ketika usianya 11 tahun. Dia muncul bersama Keira Knightley di film The Trouble Seekers , lalu bermain sebagai Ethel Hallow di The Worst Witch . Tetapi, peran besarnya justru di radio saat dia berperan sebagai Emma Grundy selama 10 tahun di The Archers , sebuah drama radio yang terkenal di Inggris. Dia menjalaninya di selasela kesibukannya kuliah. Dia juga bermain di film The Diary of Anne Frank (2009), Brideshead Revisited (2008), dan Doctor Who (2008).

Tahun Pencapaian

Tahun 2011 disebut sebagai awal tahun popularitas Jones. Dia mendapat perhatian Hollywood atas aktingnya di film Like Crazy . Performanya di film itu menuai pujian dan penghargaan. Dia dinobatkan sebagai pendatang baru terbaik di Inggris, mendapat Gotham Awards , serta New Hollywood Award di perhelatan Hollywood Film Awards.

Tahun 2011, Jones bermain di film Chalet Girl , tetapi namanya mulai mendunia pada 2014 ketika berperan sebagai Jane Hawking di film The Theory of Everything , sebuah kisah tentang kehidupan dan asmara Jane Wilde Hawking dan fisikawan kenamaan Stephen Hawking. Film ini mendapat respons amat positif dari penikmat film. Dia pun diganjar banyak nominasi, termasuk Oscar, BAFTA, Golden Globe, CriticsĂ­ Choice Award, termasuk Screen Actors Guild Award. Namun, pujian paling berkesan datang dari wanita yang dia perankan, Jane Hawking sendiri.

Karier Akting

Jones sedianya akan beradu akting dengan Julia Roberts di film Mirror Mirror (2012). Namun, dia menolak tawaran itu lantaran sudah lebih dulu menyetujui membintangi pertunjukkan teater Luise Miller di London. Adapun untuk perannya di film The Amazing Spider Man 2 , dia menjadi Felicia. Banyak yang mengira karakter ini adalah Black Cat. Sayangnya, respons pasar tidak cukup bagus.

Percintaan

Setelah 10 tahun menjalani hubungan dengan seniman asal Inggris, Ed Fornieles, Jones harus berpisah dengannya. Sejak saat itu, Jones mengaku kesulitan menemukan pengganti sang kekasih. Setiap akan berkencan, Jones menjadi amat canggung dan tidak tahu harus mengatakan apa.

Ketika ditanya siapa aktris idolanya, Jones mengaku sangat menghormati Helen Mirren yang menjadi mentor sekaligus lawan mainnya di film The Tempest (2010). Dia sangat mengagumi etos kerja sang aktris kawakan tersebut. Aktris lain yang banyak memengaruhinya adalah Samantha Morton dan Helen Bonham Carter. Tetapi, aktris yang paling dikaguminya sepanjang masa adalah Vivien Leigh, pemain Gone With The Wind .

(sri noviarni)