Edisi 16-05-2018
Fasilitas Gedung dan Laboratorium Modern untuk Startup


BAK Cendawan di musim hujan, jumlah perusahaan rintisan atau start up semakin marak, baik yang bergerak dalam bidang teknologi maupun industri lainnya.

Perkembangan tekonologi digital mendorong terciptanya suatu ekosistem usaha yang baru ini. Beberapa kawasan bahkan menyiapkan tempat khusus untuk perkembangan perusahaan rintisan. Selain gedung, fasilitas dan infrastruktur teknologi juga menjadi perhatian.

Universitas Prasetiya Mulya misalnya, melakukan pengembangan beberapa fasilitas baru, salah satunya adalah Gedung Laboratorium di Kampus BSD. Gedung yang terdiri dari 9 lantai. Gedung ini akan memiliki 2 lantai untuk fasilitas kelas tambahan dan 7 lantai untuk fasilitas laboratorium dengan standar terbaik sesuai dengan bidang kajian masing–masing program studi.

Adapun penambahan penambahan fasilitas laboratorium ini akan semakin melengkapi 4 laboratorium yang telah hadir di Gedung Liem Sioe Liong Lantai 1. Salah satu lantai laboratorium pada Gedung Laboratorium ini akan didedikasikan penuh untuk Innovation Lab, yang dapat menjadi tempat berkumpulnya mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya dari seluruh jurusan untuk melakukan kolaborasi dan menciptakan start up business berbasis sains terapan dan teknologi.

Dengan demikian, diharapkan dapat memicu lahirnya ide–ide bisnis yang inovatif, hasil kolaborasi dari 14 Program Studi S1 Universitas Prasetiya Mulya. Sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan kualitas SDM di bisnis startup Indonesia, Universitas Prasetiya Mulya meluncurkan program Magister Manajemen New Ventures Innovation (NVI) untuk mendorong perkembangan entrepreneurship, khususnya startup di Indonesia.

Dalam merilis program MM terbaru ini, Universitas Prasetiya Mulya menggunakan pendekatan komprehensif atau well rounded approach, yang merupakan kombinasi dari tiga hal: akademik dan praktikal atau action-based learning, serta didukung dengan ekosistem entrepreneur.

Program ini juga didukung oleh fasilitas InnovationHub, sebagai wadah interaksi dalam ekosistem enterpreneur. Fasilitas InnovationHub ditujukan sebagai wadah interaksi dalam ekosistem enterpreneur, diantaranya founders digital start-ups, venture capitalists, perusahaan pendukung digital startup (IT companies, Business Coaches, Financial Institutions), pemerintah, professional perusahaan, dan komunitas.

‘’Program MM New Ventures Innovation diluncurkan sebagai program yang dapat membantu pelaku di industri startup dalam mengasah dan mengembangkan kemam - puan pengelolaan bisnis, untuk tumbuh cepat di ekosistem usaha yang kompleks,’’jelas Graduate Program Director Universitas Prasetiya Mulya Indria Handoko, Ph.D.

anton c