Edisi 17-05-2018
Anwar Ibrahim Sambut Fajar Baru untuk Malaysia


KUALA LUMPUR –Pemimpin koalisi Pakatan Harapan (PH) Anwar Ibrahim menyambut fajar baru untuk Malaysia setelah pembebasannya dari penjara kemarin.

Anwar mendapat pengampunan penuh dari Raja Malaysia, Sultan Muhammad V, dan resmi memiliki hak untuk berpartisipasi dalam politik. Lelaki berusia 70 tahun itu meng hirup udara bebas sambil ter senyum saat keluar dari Ru mah Sakit Rehabilitasi Cheras (RSRC), tempat dia dioperasi bahu, saat di undang bertemu dengan Sultan Muhammad V di Istana Kerajaan Kuala Lumpur. Setiba di kompleks megah itu, Anwar disambut PM baru Ma laysia Mahathir Mo ha mad. Seperti disampaikan kuasa hukum Anwar, Sultan Mu ham mad V mengabulkan permin ta - an maaf Anwar.

“Itu artinya se mua hukuman akan dihapus,” ujar Sivarasa Rasiah seperti dikutip channelnewsasia.com. Ini artinya sisa dua tahun dari vonis lima tahun penjara atas dakwaan sodomi terhadap Anwar tidak akan berlaku lagi. Anwar mengungkapkan fa jar baru dari Malay sia telah ter bit dengan terpilihnya PH se bagai pemimpin pemerintahan. “Saya harus berterima kasih ke pada rakyat Malaysia, seluruh spektrum warga Malaysia, ti dak peduli ras atau agama. Rak yat menginginkan per ubah an. Ini tugas kami untuk meng hor mati man dat yang diberikan ke pada PH,” tutur Anwar.

Setelah dibebaskan dari Pen jara Sungai Bu - loh, dia ber pe luang besar menjadi perdana menteri (PM). Cita-cita Anwar untuk menduduki kursi peme rin tahan dan melakukan refor ma si kini ada di depan mata. Mahathir yang kini berusia 92 tahun, kepala negara tertua di dunia, mengatakan tidak akan lama memegang tampuk kepe - mimpinan. Kepada The Wall Street Journal, dia mengaku akan lengser dalam kurun 1-2 tahun. “Saya akan menyerah kan nya kepada Anwar,” kata PM Ma - laysia periode 1981-2003 itu. Istri Anwar, Wan Azizah, yang juga calon wakil PM me - nga takan, penunjukan suami - nya menjadi PM baru tidak akan diberikan terburu-buru.

Anwar akan beristirahat dan men du - kung penuh kebijakan Ma ha - thir dari belakang. Seusai bertemu dengan Sul - tan Muhammad V, Anwar juga mengelak dari pertanyaan war - ta wan seputar waktu transisi ke - pemimpinan. Dia hanya men ja - wab akan memastikan se mua program reformasi ber ja lan efektif. Pendiri Partai Ke adilan Rakyat (PKR) itu juga mengaku melupakan per se lisihan dengan Mahathir pada masa lalu. “Saya tidak me nyim pan den dam terhadap Ma ha thir. Kami telah menguburnya dan se ka rang berdiri bersama untuk me - nyukseskan agenda reformasi,” tegas Anwar di luar rumahnya.

Mahathir memiliki 10 pro - gram utama yang ditargetkan tercapai dalam 100 hari kerja, mayoritas merombak ke bi jak - an kepala negara sebelumnya. Anwar menjelaskan, dirinya bukan meminta pengampunan untuk terbebas dari perbuatan salah, tapi dari penyelewengan kekuasaan yang juga disadari Sultan Muhammad V. Pembebasan Anwar dan ke - me nangan PH dari rezim Ba ris - an Nasional (BN) dalam Pe mi - lihan Umum (Pemilu) 2018 me - rupakan sejarah baru bagi dunia politik Malaysia. BN tidak per - nah kalah dalam enam dekade. Pemerintah Malaysia berniat memberantas kasus korupsi yang diduga sudah berjalan se - lama puluhan tahun.

Selama konferensi pers, An - war menegaskan tidak memiliki niat buruk atau dendam ter ha - dap Najib Razak. Namun dia me nuntut Najib memberikan jawaban yang jujur atas dak wa - an perlakuan tidak adil ter hadap rakyat. Najib kini dicekal untuk meninggalkan Malaysia menyusul akan dibukanya pe - nye lidikan terhadap 1MDB.

Liku-liku Politik Anwar

Drama politik dan kasus hukum Anwar Ibrahim telah meng gemparkan dan me war - nai dunia politik Malaysia sejak 1990-an. Saat itu kariernya mencapai puncak sebelum akhir nya kembali jatuh. Dia bang kit dari reruntuhan karier - nya dan bergabung dengan kubu oposisi yang sangat aktif meng - kritik kebijakan pemerintah. Anwar mengawali populari - tas nya pada 1970-an karena di - kenal sangat keras menentang pemerintah selama aksi unjuk rasa atas krisis makanan di per - desaan.

Dia sampai dijebloskan ke dalam penjara sebanyak tiga kali selama 20 bulan. Namun ke - putusannya bergabung de ngan UMNO mengejutkan ba nyak orang. Ketika aktif berpolitik ber sa - ma UMNO, dia menarik per ha - tian Mahathir. Sebagai orator yang ulung, karier Anwar pun melejit. Dia mengepalai be ra - gam kementerian, termasuk Ke - menterian Keuangan pada 1990. Pengangkatannya men ja - di wakil PM membuka pe luang mengantarkannya men jadi ci - kal bakal pemimpin Malaysia. Namun Anwar berselisih he - bat dengan Mahathir mengenai langkah yang harus diambil Ma laysia menghadapi krisis mo ne ter Asia pada 1998. Dia meng usulkan reformasi dan peng hen tian korupsi dan ne - po tisme di UMNO.

Anwar di - ang gap me mainkan api dan menganggap remeh Mahathir sehingga di pecat. Saat sidang, matanya hitam karena dipukuli interogator. Luka itu memperkuat dugaan penjeblosannya ke penjara di - latarbelakangi motif politik. Selama enam tahun mendekam di sel isolasi, dia membaca Al - quran dan Alkitab. Dibebaskan dengan kondisi kesehatan yang buruk pada 2004, dia pun isti - rahat dari dunia politik. Tanpa diduga, dia akhirnya memilih bergabung dengan ge - rakan anti-pemerintah dan meng gunakan popularitasnya untuk menyatukan oposisi yang tercecer atau ketakutan.

Koalisi tiga partai itu sering mengkritik praktik korupsi dan penindasan UMNO yang se di - kit merusak citra mereka se la - ma Pemilu 2008 dan 2013. Mereka menyengat UMNO dengan kemenangan 52% pada 2013, tapi gagal mengambil alih parlemen. Aliansi yang diben - tuk Anwar unik, yakni terdiri atas partai pro-demokrasi etnik China, partai konservatif Islam, dan partai pimpinannya. De - ngan daya tarik yang luas, dia di - anggap sebagai lem yang me re - katkan koalisi oposisi.

Najib menyadari kekuatan Anw ar yang menguat. Dia kem - ba li didakwa dengan kasus so - do mi dan berakhir di balik jeruji besi pada 2015. Tidak lama setelah Anwar ab - sen, aliansi oposisi ambruk ka re - na pertikaian internal yang tak terelakkan. Harapan untuk me - nga lahkan UMNO pun ma kin jauh. Namun Mahathir kem bali bangkit dari masa pen siun dan berambisi menga lah kan Najib. Dengan meng gan deng Anwar, Mahathir akhir nya berhasil tampil kembali me mimpin Malaysia. Masyarakat pun akhirnya me - nilai ke mun cul an Anwar sebagai fajar terbit Malaysia.

Muh shamil