Edisi 17-05-2018
Gerindra Kantongi Cawapres Prabowo


JAKARTA - Partai Gerindra masih menyeleksi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto untuk Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Dari sejumlah nama yang masuk radar, sekarang ada sekitar 3-4 nama cawapres, baik itu dari unsur partai maupun nonpartai. Nama-nama yang digadanggadang untuk mendampingi ma n tan Danjen Kopassus ini di an taranya Ahmad Heryawan, Agus Harimurti, Anies Bas wedan, Gatot Nurmantyo hingga Mu h aimin Iskandar. Nama-nama tersebut selalu menjadi favo rit untuk mendampingi Prabo w o dalam berbagai jajak penda pat yang dilakukan beberapa lem b aga survei. Saat ini G e rindra sebagai partai politik yang te lah resmi mendeklarasikan Pra bowo sebagai calon presiden te ngah melakukan penjajakan koa lisi dengan parpol lain untuk meng usung ketua umum partai m e reka.

“Saudara-saudara semua tahu bahwa diperlukan mini mal 112 kursi DPR RI yang mem berikan sokongan, dukung an pencalonan kepada Pak Pra bowo karena kita 73 berarti ku rang 39. Konsentrasi kita sekarang ini adalah itu,” kata Sekre taris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani ke - pa da wartawan di Gedung DPR, Ja karta, kemarin. Dia menjelaskan, dari ko - mu nikasi Gerindra dengan se - jum lah parpol lain, rata-rata me reka se tuju mengusung Pra - bo wo asal k an ketua umum me - re ka di gan deng sebagai ca wa - pres. Me nu rutnya permintaan te r sebut wa jar dan Gerindra benar-benar mem p er tim bang - kan karena sa d ar harus ber koa - li si dengan pa r pol lain agar bisa me menuhi pre sidential thers - hold 20%.

Kendati d e mikian, sia pa pun nanti ca wa pres Pra bo - wo, dia harus mampu me nam - bah kekuatan elektoral. “Ta p i di sisi lain kita juga me la ku kan pertimbangan-per tim bang an lain karena wakil pre si den ju ga faktor yang juga me nye bab kan kemenangan,” jelasnya. Karena itu, lanjut Muzani, Ge rindra meminta partai-par - tai calon koalisi untuk m e mi kir - kan bersama-sama sebelum me nentukan nama cawapres pen damping Prabowo. Me nu - ru t nya sejauh ini nama-na ma - nya sudah mengerucut dari par - tai maupun nonpartai. Namun Mu zani enggan mengungkap par tai mana saja dan nama ca - wa presnya.

“Ya pokoknya jari sa ya lima ini kebanyakan. Ini ada orang-orang hebat masuk, tokoh-tokoh yang begitu kirakira. Pokoknya partai yang ber - se dia mencalonkan Pak Pra bo - wo,” tuturnya. Mengenai nama yang akan di pilih, menurut Muzani, ke - pu tus an utama nantinya akan d i te tapkan dalam k eber sa ma - an koa lisi yang diputuskan oleh pa ra ketua umum partai. Dan ca lon itu adalah orang yang da - pat d i terima oleh se mua pihak dan bi sa me me nang kan Pra bo - wo. “Mudah-mudah sebelum Agus tus (di pu tuskan). Sabar dikit,” sebutnya. Sementara itu Ketua Umum DPP Partai Gerindra yang juga ca pres yang diusung Gerindra, Pra bowo Subianto, m e nga ta - kan, proses demokrasi Gerindra de ngan sejumlah parpol ber ja - lan dengan baik, komunikasi ju - ga masih terus berjalan dengan se mua pihak guna mencari yang ter baik.

“Demokrasi yang baik, rak yat membutuhkan pilihan yang baik. Jadi ya kita jalankan aja yang terbaik. Yang terbaik un tuk rakyat itu yang akan kita la kukan,” kata Prabowo di Ge - dung DPR. Mengenai cawapres, Pra bo - wo mengaku bahwa nama ca wa - pres belum diputuskan dan ma - s ih terus didiskusikan secara ber sama-sama. Karena yang na ma nya proses demokrasi ti - dak bisa serta-merta meng am - bil keputusan, harus ada per te - mu an, diakui, dan me nya m pai - kan pandangannya.

“Yang pen - ting kita harus cari yang terbaik. Itu saja. Semua baik, kita semua anak bangsa. Pokoknya kita ma - ju dengan gagasan, dengan al - ter natif. Saya kira demikian. Na ma nanti lah,” tandasnya. Sebelumnya PKS mendesak Par tai Gerindra untuk segera me nentukan cawapres pen - dam ping Prabowo Subianto un - tuk Pil pres 2019 mendatang. Ka re na, menurut PKS, peta koa - li s i pil pres sudah sangat je las di ma na ada dua magnet koa lisi, yak ni Pra bowo dan Joko Wi do - do (Jo ko wi). Wakil Ketua Ma je - lis Syura PKS Hidayat Nur Wa hid (HNW) men jelaskan bahwa PKS bukan meng ultimatum atau pun men dik te Gerindra. De sakan pe mi lih an cawapres itu me rupakan as pirasi dari arus ba wah.

Selama ini PKS me ma ha - mi sikap politik Ge rindra, be gitu ju ga PKS me mi liki sikap po litik yang penting un tuk di pa hami oleh semua pihak. Un tuk bisa meng usung pa sang an ca lon di pil pres dibutuhkan sya rat pre si - den tial threshold 20% di ma na ti - dak ada satu pun par pol yang bi - sa maju tanpa koalisi. T a pi dalam wak tu dekat akan ada per te mu - an antara Prabowo dan elite PKS. “Pak Prabowo waktu itu men janjikan akan bertemu la gi d e ngan PKS dan kita me nung gu rea lisasi apa yang di ko mit meni oleh Prabowo,” kata HNW di Ge - dung DPR, Jakarta (4/5).

Kiswondari