Edisi 17-05-2018
Senior Secured Notes MNC Investama Resmi Listing di Bursa Efek Singapura


JAKARTA – PT MNC Investama Tbk (MNC Investama) telah resmi mencatatkan (listing) Senior Secured Notes sebesar USD231 juta di Bursa Efek Singapura pada 14 Mei 2018.

Senior Secured Notes tersebut menawarkan tingkat bunga 9% pertahun dan jatuh tempo 2021. Head of Investor Relations MNC Investama Ria Budhiani mengatakan, Senior Secured Notes ini merupakan surat utang baru hasil refinancing atas Senior Secured Notes USD365 juta yang akan jatuh tempo pada 16 Mei 2018.

“Keberhasilan perseroan da lam melakukan refinancing atas Senior Secured Notes USD365 juta menunjukkan ke berhasilan manajemen dalam mengelola perseroan dan ke percayaan investor terhadap perseroan,” ujar Ria dalam siar an persnya kemarin.

Ria mengatakan, bersamaan dengan keberhasilan refinancing ini, sebagai bagian dari komitmen pemegang saham terhadap pertumbuhan per usahaan, MNC Investama akan melakukan penambahan modal sebesar USD145 juta pada Agustus 2018.

“Penambahan modal ini akan mem per kuat struktur permodalan perseroan dan posisi keuangan dengan berkurangnya utang per seroan atas hasil refinancing ini,” kata Ria. MNC Group merupakan per usahaan investasi yang didi rikan di Surabaya pada 2 November 1989 oleh Bapak Hary Tanoesoedibjo.

Pada 1990, perusahaan memindahkan kantor pusatnya ke Jakarta dan terdaftar sebagai perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia pada 1997. Perseroan saat ini berfokus pada tiga investasi stra tegis, yaitu media, jasa keuangan, properti, dan satu bisnis pendukung yaitu investasi keuangan. Sektor media dioperasikan melalui anak usaha PT Global Me diacom Tbk atau dikenal sebagai MNC Media.

Di sektor jasa keuangan, dikelola oleh PT MNC Kapital Indonesia Tbk atau dikenal sebagai MNC Financial Services, yang memiliki komitmen kuat untuk me nyediakan produk dan jasa keuangan yang lengkap dan terintegrasi, melalui tujuh unit usa ha, MNC Bank, MNC Finance, MNC Leasing, MNC Sekuritas, MNC Asset Mana gement, MNC Insurance, dan Life. Sektor properti dikelola oleh PT MNC Land Tbk yang da lam kurun waktu singkat telah berkembang menjadi salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia.

rakhmat baihaqi