Edisi 17-05-2018
BTN Fasilitasi KPR 1.200 Karyawan Sucofindo


JAKARTA –PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) siap memberikan fasilitas KPR kepada 1.200 karyawan PT Sucofindo (Persero).

Saat ini total karyawan Sucofindo mencapai 4.700 orang. Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, kerja sama antara dua badan usaha milik negara (BUMN) ini merupakan wujud dari sinergi kegiatan BUMN. Selain pemberian KPR, BTN juga bekerja sama dalam pengelolaan dana dan layanan perbankan lainnya.

“MoU bersama ini adalah awal untuk memulai kerja sama yang lebih teknis yang menjadi kebutuhan masing-masing untuk mendukung bisnis Bank BTN dan Sucofindo,” ujar Maryono usai menandatangani perjanjian kerja sama dengan Sucofindo di Jakarta kemarin.

Menurut Maryono, Suco findo akan dapat berperan tu rut mendukung program pemerintah dalam satu juta rumah dengan mengikutkan seluruh pegawainya untuk memiliki rumah dengan fasilitas KPR BTN atau fasilitas kredit lainnya yang dapat dimanfaatkan Sucofindo dalam memenuhi kebutuhan pegawainya.

“Kami akan memberikan layanan khusus dengan bunga khusus untuk mendukung pemenuhan kebutuhan rumah bagi pegawai Sucofindo. Sekitar 1.200 pegawai kita akan fasilitasi kreditnya untuk me menuhi kebutuhan rumahnya. Sekaligus ini sebagai wujud dukungan Sucofindo bagi pemenuhan kebutuhan satu juta rumah yang menjadi program pemerintah pada 2018,” kata Maryono.

Menurut Maryono, selain kerja sama kredit, BTN siap melakukan pe ngelolaan dana perusahaan yang dapat di manfaatkan un tuk sebesar-besarnya kebutuhan Sucofindo dalam men ja lan kan bisnisnya. Sebaliknya BTN dapat memanfaatkan produk bisnis Sucofindo seperti jasa survei, jasa inspeksi, pengujian, sertifikasi, konsultasi dan pelatihan, serta jasa-jasa lainnya yang dapat mendukung pengem bangan bisnis perseroan ke depan.

“Ini penting dan strategis bagaimana BUMN itu semua kuat dan menguntungkan sehing ga dapat berbuat banyak da lam rangka membantu pemerintah menyejahterakan masyarakat,” paparnya. Maryono menambahkan, ba nyak yang dapat menjadi sinergi dalam kerja sama ini.

Apalagi Sucofindo juga dapat memberikan layanan jasa manajemen agunan dan pasti dibu tuhkan oleh perbankan yang tidak saja bagi Bank BTN. “Ini adalah peluang yang nan tinya akan menjadi poin untuk di kerjasamakan agar dapat di im plemen tasikan dalam bis nis,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Uta ma Sucofindo Bachder Djohan Buddin mengungkapkan, kerja sama dengan BTN me liputi ber bagai kegiatan yang saling me nunjang tugas pokok dan fungsi masing-masing serta untuk men dukung peningkatan ki nerja.

“Dengan BTN, Sucofindo dapat memberikan layanan antara lain sertifikasi untuk menjamin kehandalan berbagai sistem manajemen, seperti: IS0 9001 terkait Sistem Manajemen Mutu, ISO 27000 terkait IT Security,” paparnya.

Di samping itu, lanjut dia, Su cofindo juga dapat memberikan layanan inspeksi dan sertifikasi untuk gedung dengan layanan audit green building, sertifikasi dan pengujian instalasi listrik, lift, penangkal petir, sertifikasi dan pengujian lingkungan, sistem manajemen ke sehatan dan keselamatan kerja (SMK3).

rakhmat baihaqi