Edisi 17-05-2018
Mobil dengan Asisten Pribadi dari Hologram


SUBBRAND dari Citroen, DS, membuat sebuah mobil konsep menarik bernama DS X E-Tense. Mobil yang seratus persen digerakkan tenaga listrik tersebut memiliki asisten pribadi bernama IRIS.

Lebih menariknya lagi, asisten pribadi tersebut tidak hanya tampil dalam bentuk suara, juga hadir dalam bentuk hologram. Lalu apa saja yang bisa dilakukan oleh IRIS? Asisten pribadi yang mirip dengan Siri tersebut tidak hanya memberikan informasi kondisi jalan yang dilalui mobil, menelepon dan memainkan semua fitur hiburan, tapi juga mengaktifkan beberapa fitur yang ada di DS X E-Tense.

Misalnya menyalakan pendingin ruangan, lampu hingga wiper mobil. Tidak hanya memiliki asisten pribadi dari hologram. Mobil ini juga memiliki fitur canggih seperti yang ada Lamborghini Terzo Millenio, yakni fitur memperbaiki diri sendiri.

Jadi, setiap kali ada tabrakan atau senggolan yang menyebabkan kerusakan, mobil ini bisa memperbaiki diri sendiri. Untuk tenaga, DS X E-Tense benarbenar bikin takjub. Mobil ini memiliki tenaga sebesar 1.341 daya kuda.

Uniknya dengan tenaga sebesar itu, DS X E-Tense justru hadir dengan konsep desain atap terbuka. Mereka hanya menyediakan sebuah windshield berukuran kecil yang ada di atas kap mesin. Alhasil, jika mobil ini berlari kencang, maka angin sertamerta langsung menerpa wajah pengemudi mobil.

DS memang tidak akan memproduksi ini jadi produksi massal. Namun, pada 2035 beberapa elemen yang ada di mobil konsep ini akan dapat ditemukan di mobil-mobil buatan DS pada 2035.

(wahyu sibaran)