Edisi 17-05-2018
TIPS Puasa Sehat


BANYAK yang mengidentikkan berbuka puasa dengan minum atau makanan yang manis.

Berpatokan pada hal ini acap kali kita justru menyantap minuman atau makanan manis berlebihan, seperti es buah atau lainnya. Padahal, cara terbaik adalah membatalkan dengan air putih untuk mengisi kembali cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa dan tidak mengganggu fungsi lambung yang sudah berjam-jam tidak terisi.

“Setelahnya barulah diperbolehkan mengonsumsi makanan atau minuman manis,” ucap dokter spesialis gizi klinik, dr Jovita Amelia MSc SpGK. Ia menjelaskan mekanisme tubuh dalam menyerap energi dari makanan sahur yang disantap.

Makanan akan dicerna oleh tubuh selama 6-8 jam. Setelah diolah menjadi gula dan habis, tubuh akan mengambil cadangan makanan dari dalam hati. Namun, jika cadangan makanan di dalam hati telah habis, maka tubuh akan mengambil cadangan makanan dari otot.

Oleh sebab itu, dr Jovita menganjur kan bagi masyarakat yang ingin menjalankan ibadah puasa supaya sahur dengan makanan bergizi dengan tujuan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menu sahur Anda.

Antara lain roti gandum, beras merah, sayuran, dan buah. Makanan tersebut bisa mem buat kenyang lebih lama. Agar puasa yang dijalankan lancar dan badan tetap bugar, ada beberapa tips yang bisa digunakan seperti dikutip dari Livestrong.

Di antaranya mengurangi aktivitas fisik. Beraktivi tas fisik berlebihan dikhawatirkan akan mem buat tubuh terasa amat lelah. Belum lagi tubuh akan terasa dehi dra si. Ketika berbuka puasa, usahakan acup an cairan yang diperlukan terpenuhi.

Anjurannya adalah, dua gelas saat sahur, empat gelas saat berbuka, dan dua gelas menjelang tidur. Jangan biarkan diri Anda mengalami dehi drasi karena itu dapat menyebabkan masa lah kesehatan. Kendati berpuasa, bu kan berarti boleh makan sebanyakbanyaknya.

Sebab, kebutuhan kalori saat berpuasa dan saat hari biasa tidak ada bedanya. Kemudian saat waktu berbuka puasa tiba, konsumsilah makanan secara bertahap.

Mulailah dengan menyantap makanan ringan yang segar dan tidak berlemak, seperti buah-buahan. Sistem pencernaan perlu waktu untuk menyesuaikan diri untuk kembali bekerja mengolah makanan berat. Begitu pun ketika akan melakukan sahur.

(sri noviarni)