Edisi 17-05-2018
Edukasi Keselamatan Ban bagi Siswa Sekolah


PT Bridgestone Tire Indonesia merayakan 10 tahun gelaran kampanye tahunan Keselamatan Ban (Tire Safety ) dengan menggelar kampanye keselamatan ban selama 10 hari, mulai 3-12 Mei 2018, di lokasi peristirahatan Km 57 Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat.

Dalam satu dekade pelaksanaannya kali ini, kampanye Tire Safety tidak hanya akan mengedukasi para pengguna kendaraan yang melintas, tetapi juga akan melakukan Tire Safety Goes to School dengan mengunjungi 10 sekolah di wilayah Jabodetabek untuk menyosialisasikan peran ban dalam keselamatan berkendara kepada para siswa sekolah.

Kampanye Tire Safety adalah agenda program CSR pertama yang akan dilakukan Bridgestone Indonesia di bawah komitmen CSR global, Our Way to Serve, yang fokus pada mobilitas dan sumber daya manusia dengan melakukan edukasi dan seminar keselamatan bagi siswa sekolah.

“Pelaksanaan kampanye Tire Safety merupakan bagian dari komitmen CSR Bridgestone Group secara global, yaitu Our Way to Serve, yang fokus menunjukkan komitmen kami dalam memberikan mobilitas lebih mudah, selamat, lancar, dan tanpa hambatan bagi konsumen dan masyarakat,” ujar Gaurav Gupta, Presiden Direktur PT Bridgestone Indonesia.

Kampanye Tire Safety Bridgestone telah dianggap sebagai salah satu program kampanye keselamatan berkendara paling sukses di Indonesia dengan pengunjung yang mencapai total 17.043 mobil dalam sembilan tahun terakhir.

Seperti tahun sebelumnya, tema kampanye Tire Safety yang diusung adalah “Ban Sehat, Anda Selamat”, di mana ban yang memiliki tekanan udara yang tepat dapat membebaskan Anda dari masalah berkendara dan meningkatkan kualitas keamanan.

Kampanye tersebut bertujuan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, sekaligus menginformasikan pentingnya peranan ban untuk keselamatan berkendara, juga mengedukasi pengendara untuk selalu merawat ban dengan baik dan benar serta prosedur keselamatannya.

Kampanye Tire Safety mengedepankan tiga faktor utama yang mendukung keselamatan berkendara, yaitu pemilihan ban yang tepat (right tire ), tekanan ban yang tepat (right inflation pressure ), serta tingkat keausan pemakaian ban yang tepat (right tread wear depth ).

Faktor lain yang juga diperiksa dan tidak kalah pentingnya adalah kondisi ban yang tidak rusak (no crack or cut) serta permukaan yang tidak rata (no irregular wear ).

wahyu sibarani