Edisi 23-05-2018
Amartha Salurkan Dana Investasi Rp402,85 Miliar


JAKARTA – Perusahaan financial technology (fintech) ber basis peer to peer lending PT Amar tha Mikro Fintek terus men dapatkan kepercayaan dari para investor untuk mengelola dan menyalurkan dana investasi.

Tercatat hingga Mei 2018, Amartha telah menge lola dan menyalurkan dana inves tasi sebesar Rp402,85 miliar kepada 104.537 usaha mikro perem puan dari kalangan masyarakat prasejahtera perdesaan. CEO dan Founder Amartha Andi Taufan Garuda Putra mengatakan, dana investasi di salur kan untuk permodalan usaha mikro perempuan perde saan. Hal itu juga disertai dengan program pembinaan strategis oleh Amartha. Perseroan telah membantu para mitra usaha mikro perempuan untuk me - ningkatkan pendapatan ta - hun an mereka hingga 41% dan mampu membantu 50% pe neri ma manfaat berhasil mem - per oleh penghidupan yang lebih baik.

“Setelah delapan ta hun, Amartha berhasil men ca pai hasil yang membanggakan da - lam menjembatani pendana dari perkotaan untuk perem - puan di perdesaan yang ingin meningkatkan taraf hidup me - reka dan keluarganya,” ujar Tau fan di Jakarta kemarin. Selain itu, demi mem ba ngun kredibilitas dan reputasi inves - tasi yang dikelolanya, Amar tha mengembangkan pro gram pe - ngelolaan dan pe nya luran inves - tasi. Pihaknya juga me nye leng - garakan pro gram pembinaan tepat guna ber dasarkan survei dan studi mendalam tentang kebutuhan serta tantangan masyarakat pra sejahtera dalam melawan kemiskinan.

Taufan menilai, berkat ka ji - an dan pendekatan yang tepat, para mitra usaha mikro pe rem - puan yang didukung Amartha mampu mem ba ngun reputasi mereka sebagai peminjam mo - dal yang te per ca ya bagi para in - vestor berkat tingkat ketepatan waktu pem ba yaran mereka yang berada di atas 99,84%. Taufan menambahkan, pi - hak nya juga terus ber komit - men dalam menyediakan rasa aman bagi pendana dan pe ne - ri ma dana. Hal tersebut ter cer - min dari penerapan sistem ma - najemen keamanan informasi berstandar ISO 27001.

Dia berharap, kuatnya ko - mit men Amartha seperti yang ter cermin dari diraihnya ser ti - fikasi ISO 27001 serta kinerja positif yang ditunjukkan oleh para pengusaha mikro pe rem - puan mitra Amartha, akan se - makin menguatkan keper ca - ya an investor untuk me na - nam kan modalnya guna men - dukung pertumbuhan usaha dan peningkatan kesejahte ra - an mereka. Amartha juga masih mam - pu menjaga angka non per form - ing loan (NPL) pada level 0%. Se lama delapan tahun berdiri angka kredit macet masih ber - ta han di angka 0%.

Hal ter se - but menurutnya bisa dicapai ka rena perusahaan meng guna kan strategi manajemen ri - si ko yang unik. Perusahaan menerapkan group lending system (pinjaman kelompok) yang memiliki me - kanisme tanggung renteng. Satu kelompok bisa terdiri atas 10 orang sampai 15 orang. “Pada saat ada yang kesulitan bayar angsuran, mereka bisa saling melindungi satu sama lain untuk menyelesaikan ma - sa lah,” katanya. Dia melihat model seperti de mikian dinilai efektif dalam menekan angka kredit macet. Dia pun berharap masih mam - pu menjaga angka NPL pada level aman.

Hafid fuad