Edisi 12-06-2018
PAN Serius Calonkan Amien Rais


JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) menegaskan serius mencalonkan Amien Rais sebagai presiden (capres) pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

Dengan pengalaman dan in tegritas yang dimilikinya, Ke tua Dewan Kehormatan PAN tersebut dinilai layak maju sebagai kandidat capres. “PAN serius mencalonkan Amien Rais running for Pre si dent 2019 dan kami memiliki alasan kuat untuk pencalonan terse - but. Dia memiliki inte gritas se - bagai pemimpin na sio nal, cinta terhadap Negara Ke satuan Re - publik Indonesia (NKRI) dan cinta rakyat Indo nesia,” ujar Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi saat dihubungi KORAN SINDO tadi malam. Dia menjelaskan, Amien Rais memiliki konsep dan ka - pa sitas kepemimpinan dalam memimpin perjuangan bangsa Indonesia menuju cita-cita nasional sesuai dengan tujuan berdirinya NKRI.

Hal itu juga ditunjang dengan kondisi fisik Amien yang masih prima mes - kipun dari segi usia tergolong senior. “Amien Rais masih me - miliki fisik kuat dan stamina prima dalam beraktivitas se - suai dengan tuntutan kerja. Usia tidak menghalangi dalam menjalankan tugas pokok pe - kerjaan,” ungkapnya. Viva mengatakan, Amien bukan calon tunggal yang di - usung partainya. PAN juga mengusulkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua De - wan Penasihat PAN Soetrisno Bachir, dan mantan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa se - bagai capres 2019. “PAN akan finalisasi keputusan partai ten - tang pasangan capres/c a wa - pres melalui penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Raker - nas) PAN setelah Pilkada 2018,” tegasnya.

Sebelumnya Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengisyaratkan untuk maju menjadi capres 2019. Hal itu disampaikan Amien Rais se - usai berbuka puasa di Rumah Dinas Ketua Umum MPR Zul - kifli Hasan di Widya Chandra Jakarta. Amien Rais menjelaskan PAN akan mengusung empat calon presiden dari partainya untuk ditawarkan ke partai koalisi, yaitu dirinya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, mantan Sekjen PAN Sutrisno Bachir, mantan Ketua Umum PAN Hatta Radjasa. Anggota Badan Ko mu ni - kasi DPP Partai Gerindra Andre Rosiade menghormati hak kons titusi PAN maupun Amien Rais untuk men calon - kan diri sebagai presiden.

“Pencalonan Pak Amien itu hak konstitusi pak Amien, kami Gerindra menghormati pak Amien dan PAN kalau men calonkan diri karena itu hak konstitusi mereka untuk men - calonkan dan dicalonkan,” kata Andre saat dihubungi KORAN SINDO di Jakarta kemarin. Namun, lanjut Andre, ka re - na Gerindra terus berko mu ni - kasi dengan PAN, termasuk juga Amien Rais, tentu pihak - nya meyakini bahwa kepu tus - an PAN itu akan dimatangkan lagi setelah pilkada serentak nanti dan mendukung Prabowo sebagai capres.

“Kami menghormati, itu hak konstitusi Pak Amien, Pak Amien punya rekam jejak. Tapi saya enggak yakin karena Pak Amien sama seperti Habib Ri - zieq. Ini keyakinan kami, kami punyakeyakinanPakAmiendan PAN akan bersama-sama men - dukung Pak Prabowo di 2019 nanti,” ujarnya.

Mula akmal / kiswondari