Edisi 12-06-2018
Rusia Rogoh Rp203,4 Triliun untuk Piala Dunia 2018


Sebagai tuan rumah, Rusia memang serius untuk bisa menjadi sahibul bait yang baik di Piala Dunia. Sejak resmi diumumkan sebagai tuan rumah, mereka bekerja keras untuk memenuhi standar yang diinginkan FIFA.

Mereka tahu bahwa Piala Du nia bukan hanya bicara per - tan dingan megah, tetapi juga proyek infrastruktur luar biasa. Misalnya di Kota Moskow yang menghabiskan dana sangat fan - tastis untuk memenuhi standar peningkatan citra kota. Jumlah biaya yang dihabis - kan untuk Piala Dunia ini se be - sar 678 miliar rubel atau sebesar Rp203.4 triliun. Dana tersebut ditanggung tiga pihak: pe me - rin tah federasi sebesar 390 mi - liar rubel, pemerintah daerah 92 miliar rubel, dan 196 miliar rubel berasal dari investasi swasta. Dana tersebut dihabiskan un tuk pembangunan bukan ha - nya stadion, tapi juga in fra - struk tur. Ada pembangunan ban dara, baik baru maupun renovasi bandara yang sudah ada seperti di Domodedovo, Moskow.

Alokasi lain untuk konstruksi jalan ibu kota, ta - man-taman kota, dan jalan uta - ma di perkotaan. Apalagi Mos - kow yang menjadi ibu kota ne - ga ra Rusia juga menjadi kota pem buka dan penutup Piala Du nia yang dilaksanakan di Sta - dion Luzhniki. Sebelas kota lain nya adalah Samara, Le - ningrad skiy, Kazan, Sochi, Bel - gorad, Volgograd, Kaliningrad, Rostov, Nizhni Novgorad, Saint Petersburg, dan Yekaterinburg. Seluruh kota tersebut mem - perbaiki konstruksi dan in fra - struktur demi kenyamanan pe - laksanaan Piala Dunia. Kon - struk si yang diperbaiki adalah jalan-jalan utama di perkotaan, balkon, taman kota, serta peng - inapan-penginapan yang ada.

Tujuannya, para penonton da - pat menikmati seluruh kota yang ada di Rusia. Baik wi sa ta - nya maupun pertandingannya. Presiden Rusia Vladimir Pu - tin menegaskan, negaranya te - lah menyelesaikan tugas sangat sulit di mana negara lain yang pernah menjadi tuan rumah Olimpiade gagal melakukan. “Rusia memiliki hampir seluruh struktur yang baik di sepanjang tahun, begitu juga infra struk - tur di kota-kota lainnya di dae - rah. Jadi perlu disampaikan bah wa ini adalah kesuksesan besar kita dalam menyambut Piala Dunia,” kata Putin melalui berita di tv1 kanalrusia . Putin menyampaikan bah - wa infrastruktur ini nantinya dapat mengembangkan olah ra - ga di Rusia, baik tim pemudanya maupun tim sepak bola anakanak. Tidak ada istilah mubazir.

Seusai Piala Dunia, lanjut Putin, seluruh infrastruktur yang telah dibangun akan kem - bali ke daerah masing-masing dan dijaga serta dipelihara ke - pa la daerah setempat. “Penger - ti annya seperti ini, untuk in fra - struktur sepak bola ini tentu saja kita menghabiskan banyak uang sehingga infrastruktur ini dapat digunakan dengan baik nantinya untuk pengembangan olah raga, baik untuk tim pe mu - da maupun anak-anak, sesuai dengan kompetisi masing-ma - sing,” tandasnya. Ge mer lap Piala Dunia se ma - kin me gah de ngan kehadiran bin tang-bin tang ter na ma pada pes ta pem bukaan di Luzhniki Stadium, Moskow, Ka mis (14/6).

Kombinasi dua musisi top plus tokoh sepak bola ternama akan mengisi upacara pem bu - ka an Piala Dunia 2018. Mereka adal ah penyanyi kenamaan Ing - gris, Robbie Williams, bintang So pranos Rusia, Aida Gari ful - lina, serta legendaris Brasil, Ronaldo. “Saya sangat bersemangat kembali ke Rusia untuk me - nam pilkan sesuatu yang unik se panjang karier saya. Ber nya - nyi di hadapan 80 ribu fans di sta dion dan jutaan fans di se lu - ruh dunia adalah impian sejak ke cil. Kami mengundang me re - ka untuk menyaksikan per tun - juk an yang tidak terlupakan,” kata Williams dilansir fifa. Perasaan serupa turut di - ung kapkan Garifullina. Dia me - n ilai merupakan sebuah ke hor - matan besar bisa terlibat dalam acara sebesar Piala Dunia yang dianggapnya sebagai sebuah ke - sempatan langka.

“Saya tidak per nah mem ba yang kan bisa men jadi bagian dari perayaan besar ini, Piala Du nia 2018 di negara saya sen diri, Rusia,” ujarnya. Ronaldo menilai, Rusia ha - rus memaksimalkan du kung an penuh fansnya untuk ber pres - tasi di Piala Dunia 2018 seka - ligus men jadi tuan rumah yang suk ses. “Ini sangat emo sional bagi tuan rumah (Rusia). Se te - lah be kerja keras, tiba-tiba se lu - ruh du nia berkumpul di negara Anda untuk merayakan ke cin - ta annya terhadap sepak bola. Saya me ra sa kannya di Bra sil em pat tahun lalu dan saya se - nang berbagi ke gembiraan yang sama, kali ini dengan Rusia,” tuturnya.

Tidak seperti upacara di Pia - la Dunia sebelumnya, pe nyeleng gara menjalankan format ber be da dengan menonjolkan per tun jukkan musik yang akan ber lang sung satu setengah jam sebelum kick off laga pembuka Rusia versus Arab Saudi. Upa cara itu akan disiarkan televisi Rusia, Channel One. Konsep krea - tif nya dipimpin Felix Mikhailov yang juga menjadi otak di balik ber ba gai rangkaian seremoni per ja lan an Piala Dunia 2018, di - mulai drawing awal 2015 hingga upaca ra penutupan pada 15 Juli men datang.

Alimansyah

Ade Irma Elvira
Laporan Koresponden KORAN SINDO, Moskow