Edisi 12-06-2018
Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia


Pada 14 Juni 2018 di Rusia akan dimulai Piala Dunia FIFA ke-21. Event empat tahunan ini begitu di nantikan para penggemar sepak bola di seluruh dunia.

Pertandingan akbar ini akan ber lang sung selama satu bu - lan di 11 kota, yaitu Moscow, Saint Pe ters burg, Kazan, So - chi, Volgo grad, Rostovon- Don, Saransk, Samara, Kali - ningrad, Nizhniy Nov gorod, dan Ekaterinburg di 12 sta - dion (dua di antaranya ter letak di Moscow). Selain itu, di 20 kota lagi akan diadakan tur na men, home base peserta Piala Du - nia 2018, dan lapangan la - tihan. Selama Piala Dunia total akan dimainkan 64 per - tan ding an. Acara pembukaan dan final akan diselenggarakan di Kota Moscow, tepatnya di Stadion Luzhniki yang begitu dikenal Indonesia. Stadion Luzhniki ada lah kembaran Stadion Ge lora Bung Karno di Jakarta. Pada November 2017 babak kualifikasi telah selesai me nen - tu kan 32 tim peserta.

Se men ta - ra pada 1 Desember 2017 di Mos cow di Istana Negara Krem - lin diadakan upacara undian Pia la Dunia yang diikuti Pre si - den Federasi Rusia Vladimir Pu - tin dan Presiden FIFA Gianni In - fantino serta para bintang se - pak bola. Undian tersebut juga menentukan tim-tim pesaing dan tempat penyelenggaraan pertandingan grup turnamen. Proses persiapan peristiwa besar itu sudah lama dimulai. Rusia telah menyiapkan sejak 2010 ketika secara resmi di - umumkan sebagai negara pe - nye lenggara Piala Dunia sepak bola. Dalam delapan tahun te - lah dibangun delapan stadion baru, dua stadion dire kon struk - si, serta dua lagi telah lama di bangun untuk berbagai acara ting - kat internasional seperti Univer siade 2013 di Kota Kazan dan Olimpiade Musim Dingin 2014 di Kota Sochi.

Pemerintah Rusia terus be - kerja membangun fasilitas in - frastruktur secara aktif supaya para penggemar asing bisa me - nikmati suasana di Rusia. Un - tuk pertama kali, pe nye leng ga - ra an Piala Dunia akan meng gu - na kan sistem FAN-ID yang m - enyediakan hak masuk ke Rusia tanpa visa dan merupakan do - ku men resmi untuk masuk sta - dion. Sistem ini telah diuji pada 2017 selama Piala Konfederasi FIFA 2017 dan membuktikan efektivitasnya yang tinggi. Selain itu, FAN-ID mem be ri - kan hak unik untuk meng gu na - kan kereta-kereta tambahan an tara kota-kota penyeleng ga - ra dan angkutan umum di kota ter sebut secara gratis.

Pada saat bersamaan para penggemar yang tidak berhasil membeli tiket bisa menikmati suasana Piala Dunia pada fes ti - val-festival penggemar FIFA, yai tu tempat publik resmi un - tuk menonton pertandinganper tan dingan sepak bola. Fes ti - val-festival semacam itu akan di buka di semua 11 kota. Tem - pat nya sudah ditentukan juga: Bu kit Burung Gereja (Voro - bievy Gory) di Moscow, La pang - an Konyushennaya, sebagian La pangan Mars di Kota Saint Pe tersburg, serta lapangan-la - pang an pusat dan tempat is ti - rahat populer di semua kota lain. Akses ke tempat festivalfestival tersebut gratis bagi semua.

Untuk para penggemar Piala Dunia, panitia penyelenggara membentuk dan mengem bang - kan secara aktif portal pa ri wi - sata welcome2018.com, di mana di muat informasi yang ber man - faat dan lengkap tentang tur na - men, kota penyelenggara, in - for masi umum, serta saransaran pro gram kebudayaan di Rusia dan tempat wisata yang menarik. Dalam rangka persiapan Pia - la Dunia telah diwujudkan stra - tegi kompleks pembangunan ber ke lanjutan dengan tujuan me nye diakan jaminan pen ja ga - an ke se hatan, keamanan, per - lin dungan lingkungan, serta po pularisasi cara hidup sehat. Mi salnya, se la ma semua per - tan ding an tur na men dilarang me ro kok. Selain itu, di semua sta dion akan ada Wi-Fi umum yang gratis.

Salah satu prestasi penting Piala Dunia di Rusia yang lain adalah integrasi dalam ke lom - pok penyandang disabilitas. Semua stadion mempunyai ak - ses untuk penyandang disa bi li - tas. Penjualan tiket pertan ding - an bermaksud juga untuk ka te - gori khusus, yaitu orang pakai kursi roda atau orang yang mo - bi litasnya dibatasi, orang de - ngan penglihatan kabur yang menggunakan anjing pemandu dan orang dengan kelebihan berat badan. Beberapa hari yang lalu Pre - siden FIFA Gianni Infantino me ngatakan bahwa Rusia 100% siap untuk menye leng ga ra kan Piala Dunia.

“Dunia akan melihat bagai mana Rusia ra mah-tamah, ba gai mana semua terorganisasi dengan baik. Kita semua di tung - gu kesan-kesan yang tak dapat dilu pa kan.” Atas nama Ke du ta - an Besar Rusia di Indonesia, kami mengundang semua peng ge mar sepak bola ke Rusia untuk meyakinkan sen diri sua - sana di sana. Te man-teman, selamat me nik mati Piala Dunia di Rusia!

MRS LYUDMILA VOROBYEVA
Duta Besar Rusia untuk Indonesia