Edisi 12-06-2018
Warga Indonesia Bayar Zakat Fitrah di Moskow


MOSKOW - Tak terasa bulan suci Ramadan tinggal menghitung hari. Seperti biasa pada pengujung Ramadan seluruh umat muslim diwajibkan membayar zakat.

Begitu juga dengan umat muslim Indonesia yang tinggal di Rusia, tepatnya di Kota Moskow. Pada minggu terakhir Ra ma - dan, Himpunan Persaudaraan Islam Indonesia (HPII) Moskow menyelenggarakan pene ri ma an dan penyaluran zakat fitrah dari masyarakat Indonesia yang nanti akan disalurkan kepada yang berhak menerimanya. Selu ruh zakat fitrah, infak, dan se - de kah yang terkumpul akan di - sa lurkan kepada masjid yang ada di Kota Moskow. Pene ri ma an zakat fitrah ini dilaksanakan di musala Kedutaan Besar Re publik Indonesia (KBRI) Moskow.

“HPII siap membantu ma - syarakat Indonesia untuk me - nyampaikan zakat fitrah yang menjadi kewajiban umat muslim sehingga nanti zakat ini akan kami salurkan ke masjid se belum Idul Fitri tiba. Adapun batas terakhir penerimaan za - kat fitrah, yaitu 13 Juni 2018. Mengingat pada 15 Juni se lu - ruh umat muslim di Rusia akan melaksanakan salat Idul Fitri,” kata Panitia Zakat Fitrah HPII, Yo gi Prayogi. Adapun besarnya zakat fitrah telah dikonversikan ke dalam rubel sehingga sangat me mudahkan masyarakat Indo nesia yang berada di Rusia me lunasi kewajibannya sebagai umat muslim.

KBRI akan meng - ge lar pelaksanaan salat Idul Fitri untuk masyarakat Indo ne - sia yang ada di Moskow di lan jut - kan dengan ramah-tamah dan silaturahmi di kediaman Duta Besar Indonesia untuk Rusia dan Belarusia. HPII selama Ramadan juga menggelar buka bersama untuk masyarakat Indonesia. Ke giat - an dilaksanakan dengan tujuan mempererat tali silaturahmi antara umat muslim asal Indo - nesia yang ada di Negeri Be - ruang Merah tersebut. Selain itu, dilaksanakan pengajian se - be lum berbuka, salat ber ja ma - ah, membaca Alquran, hingga itikaf. Para mahasiswa yang ikut dalam kegiatan itikaf bahkan membaca Alquran hingga khatam.

“Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari keluarga HPII Moskow dan diberi ke - sempatan untuk melaksanakan itikaf bersama para mahasiswa lainnya yang ada di kota ini. Ka - mi juga dapat menyelesaikan ba caan Alquran selama Ra ma - dan, padahal kegiatan itikaf ini hanya dilaksanakan seminggu sekali setiap akhir minggu,” ka - ta mahasiswa Jurusan Asian Studies di Higher School of Eco - no mics (HSE) Moscow, Rifki Zulkarnaen.

Dia mengakui, kegiatan itu sa ngat bermanfaat sehingga da pat memperkuat keimanan dan lebih dekat kepada Sang Kha lik serta kecintaan kepada Baginda Rasulullah SAW dan juga bisa melepaskan rasa rindu akan Ramadan di Tanah Air.

Ade Irma Elvira
Laporan Koresponden KORAN SINDO, Moskow