Edisi 12-06-2018
Imami Masjid di Mekkah, Ustad Asal Viral


JAKARTA –Asal Syu’bah bin Yanto Albanjari, 21. Nama ini sama sekali tidak dikenal publik Tanah Air. Namun belakangan nama pemuda berdarah Banjar, Kalimantan Selatan, ini menjadi buah bibir.

Betapa tidak, di usia yang terbilang remaja, dia sudah dipercaya menjadi imam salat di sejumlah masjid di Mekkah. PemudapenghafalAlquranini belakanganmenjadiviraldimedia sosial karena kiprahnya tersebut. Dia banyak mendapat pujian karena kefasihan dan kemerduan suaranya saat mem baca ayat-ayat suci Alquran. Se bagaimana ter - lihat di YouTube, dia bahkan ber - kesempatan tam pil di hadapan Imam Masjidil haram Syekh Sudais, para ulama, dan tokoh Mek kah seperti amir Kota Mekkah, naib amir, dan lainnya. Minggu lalu (10/6), Asal ber - temu dengan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Daerah Kerja (Daker) Mekkah. Dalam kesem - pat an itu Menag me mintanya membacakan se jum lah ayat.

Dia membacakan ayat 35-37 Surat Ibrahim. Menag mengapresiasi kefasihan dan keindahan suara Asal dalam melantunkan ayat Alquran. Menag berharap Asal terus maju mengharumkan namaIndonesiadalamkiprahnya sebagai imam di banyak masjid di Makkah al-Mukarramah. Pada pertemuan tersebut Asal mengklarifikasi informasi yang beredar bahwa dia menjadi salah satu imam di Masjidil - haram, Mekkah. “Cerita tentang saya menjadi imam di Haram (Masjidilharam) itu tidak benar. Tapi kalau menjadi imam di beberapa masjid di Mekkah itu benar,” ujarnya saat berbincang dengan Menag di Kantor Daker Mekkah, Minggu (10/6). Asal memang sudah terbiasa menjadi imam masjid di beberapa masjid di Kota Suci ter sebut. Namanya konon sudah dikenal sejak dia sudah berusia 15 tahun.

Berdasar sejumlah informasi, Asal tercatat pernah menjadi imam salat rawatib, tarawih, dan qiyamul lail di beberapa masjid di Mekkah. Masjid dimaksud antara lainMasjidAl-BashawiridanMasjid ‘Asyur Bukhari (2012), Masjid Ar- Ridha (2013), Masjid Syekh ibn Utsmain (2014), Masjid Bin Laden (2015), dan Masjid Birrul Walidain (2016, 2018). Tahun 2017 ia tidak menjadi imam di Mekkah karena pulang kekampung halamannya di Kan - dangan, Kalimantan Sela tan, dan menemui salah se orang gurunya yang juga ayah angkat nya, Tuan Guru Haji Ahmad Syairazi.

“Alhamdulillah sudah terbiasa menjadi imam di be berapa masjid di Mekkah,” ujar dia. Untuk diketahui, Asal lahir di Mekkah pada 1997. Selain anak angkat Guru Syairazi Ka n dangan, diajugaanakangkatImamMasjidil - haram Syekh Dr Hasan Bukhari. Kendati demi kian dia tetap ber - paspor Indo nesia. Adapun orang tuanya adalah Yanto dan Mariyati yang me rupa kan orang Kalimantan Selatan yang sudah puluhan tahun bermukim di Saudi. Tahun ini yang bersang - kutan ikut bergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji(PPIH) ArabSaudidariunsur tenaga musiman dan bertugas di bagian layanan transportasi jamaah haji Indonesia di wila yah Syib Amir, Mekkah.

Asal mulai menghafal Alqur - an sejak 2006 dan meng - khatam kan hafalannya dalam qiraat Ashim riwayat Hafs pada 2012. Tidak seperti kebanyakan ustaz, dia tidak pernah mondok . Di usia 12 tahun ia menyele sai - kan hafalan Alquran dan meraih ijazah hafalan Alquran dengan predikat e xcellent dari Lembaga Hafalan Alquran Tingkat Kota Mekkah. Ia telah menamatkan baca an dan hafalan Alquran serta masih rutin mereviunya di bawah bim - bingan Imam Masjidilharam Syekh Dr Hasan Bukhari, bah - kan sudah menamatkan Alqur - an riwayat Syu’bah bin ‘Ashim al-Kufi di bawah bimbingan Imam Masjidilharam tersebut.

Pada acara haflah tahunan santri tahfiz (penghafal Alqur - an) dia mendapat tugas mem - baca beberapa ayat Alquran tentang kewajiban puasa. Saat ini Asal sedang berusaha men - gkhatamkan hafalan Alqur an - nya dalam dua riwayat lagi, se - lain qiraat Ashim riwayat Hafs. Dia berguru pada salah satu imam Masjidilharam, yaitu Syekh Abdurrahman Syirazi. Kisah Asal seketika menjadi viral setelah diunggah ke Face book oleh Nur Hidayatullah Yuzarsif, dosenFakultasSyariahdanHukum UIN Walisongo Semarang. Melalui unggahannya, Nur Hidayatullah men cerita kan panjang lebar ten - tangsosokUstazAsal.

Sudarsono