Edisi 12-06-2018
Koarmada l Kerahkan 3 Kapal Perang


JAKARTA - Komando Arma da l mengerahkan tiga unit ka pal perang untuk menga man kan jalur mudik laut Selat Sun da. Pengamanan itu untuk menjamin keamanan dan kelancaran arus mudik Lebaran 2018.

Panglima Komando Ar mada (Pangkoarmada) I Lak sa - ma na Muda TNI Yudo Mar gono mengatakan, dalam Peng - aman an Laut Arus Mudik Le - baran 2018 di Banten, semua pangkalan terlibat aktif untuk pengamanan Lebaran, khusus nya di perairan yang men - jadi tanggung jawab Koarmada I. Pelabuhan wilayah barat juga tak luput dari pengamanan dengan melibatkan unsur KRI, unsur satuan kapal patroli Lan - tamal, serta kapal-kapal patroli keamanan laut dari Lanal be - serta prajuritnya.

Untuk memastikan ke siap - an jajarannya, kata dia, pi hak - nya telah melaksanakan pe - nin jauan situasi keamanan se - cara langsung, khususnya di wi layah perairan Jakarta dan Banten, yakni di Selat Sunda dan Merak dengan meng gu na - kan KRI Torani-860. “Koarmada I menyiagakan tiga unsur KRI, yaitu KRI Teluk Cirebon-543, KRI Tenggiri-865, KRI Sikuda-863, dan KRI To - rani-860 untuk peng aman an laut serta Kapal Angkatan Laut (KAL) Tamposo dan 3 unit Pa - tro li Keamanan Laut (Pat kamla) dari Lanal Banten,” ujarnya.

Menurut Yudo, situasi men jelang Idulfitri 1439 H me - rupakan waktu yang rawan dimanfaatkan pelaku tindak ke - jahatan khususnya melalui laut. Karena itu, Koarmada I akan terus meningkatkan peng awasan dan pengamanan jalur laut agar bisa mengan ti si - pasi sejak dini kemungkinan ada nya tindak kejahatan di laut dengan memaksimalkan pa - troli laut secara ber kesi nam - bung an. “Pengamanan ini bertujuan menjamin kelancaran, ke - aman an, kenyamanan, serta meng antisipasi terjadinya ber - bagai tindak kejahatan di laut, seperti perompakan, illegal fishing , illegal logging , illegal entry , maupun aksi terorisme dalam arus mudik Lebaran tahun 2018,” ungkapnya.

Sementara itu, Ke men te ri - an Dalam Negeri (Ke men - dagri) pun telah mengirimkan radiogram kepada seluruh ke - pala daerah untuk bersiaga saat mudik Lebaran terutama bagi daerah-daerah yang di la - lui sebagai jalur mudik. Ke sia p - siagaan ini dilakukan untuk memastikan kegiatan mudik yang dilakukan masyarakat bisa berjalan aman dan lancar. “Ini untuk mengingatkan ke - pada jajaran pemda yang sudah siap siaga berkoordinasi lang - sung dengan instansi terkait untuk memberikan pelayanan ke pada masyarakat yang mu - dik,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melalui pesan singkatnya kemarin.

Tjahjo menuturkan, ra diogram terkait kesiapan meng - ha dapi mudik Lebaran telah di - kirimkan dua kali. Radiogram pertama telah dikirim pada Februari lalu, sementara yang kedua pekan lalu. Untuk mem - persiapkan hal ini pun sudah dilakukan rapat koordinasi yang diselenggarakan sejak jauh-jauh hari. “Rapat koordinasi yang di - ini siasi Kemenhub, kepo li si an, Jasa Raharja, Jasa Marga, BUMN lain, dan saya sebagai Men dagri hadir. Ini juga diha - diri kepala daerah, kapolres, dan lainnya yang dilewati arus mudik terpadat,” ungkapnya.

Sucipto/dita angga