Edisi 12-06-2018
Dele Alli Khawatir VAR Piala Dunia 2018


MOSCOW - Pemain yang tampil pada Piala Dunia 2018 tampaknya harus lebih hatihati dalam beraksi di lapangan. Wasit bisa saja memberikan hukuman ketika para pemain lolos dari pantauan saat pertandingan berlangsung.

Peraturan ini diterapkan dengan bantuan video assistant referee (VAR) atau sistem yang membantu wasit memutuskan hukuman lewat tayangan video. Wasit akan melihat VAR untuk memutuskan kepada pemain yang bersangkutan. Itu tentu membuat para pemain harus berpikir panjang ketika bertindak di atas lapangan. Gelandang tim nasional Inggris Dele Alli pun mengaku sangat khawatir dengan peraturan baru Piala Dunia 2018 itu. Alli yang mengumpulkan tujuh kartu kuning selama tampil pada Liga Primer musim lalu bersama Tottenham Hotspur akan selalu waspada terhadap setiap peraturan. Apalagi, dia juga pernah mengalami insiden yang kurang menyenangkan dengan VAR.

“Pada Piala Dunia para wasit dan hakim garis semuanya adalah level yang tinggi, jadi kita harus selalu berhati-hati. Itu adalah bagian dari sepak bola. Saya tidak berpikir pemain akan melakukan hal buruk. Jika mereka melakukannya, mereka akan dihukum dan itu adalah kesalahan mereka sendiri,” kata Alli, dilansir theguardian . Bukan hanya dirinya, Alli juga memperingatkan rekan setimnya untuk berhati-hati untuk tidak melanggar aturan VAR pada Piala Dunia nanti. Sebab, mereka dipastikan tidak bisa memiliki alasan ketika mendapatkan hukuman dari pengadil nanti. Masalah diving mungkin di antaranya menjadi masalah di timnas Inggris. Sebab, ada beberapa pemain yang sempat ketahuan melakukan hal yang kurang fair tersebut, termasuk Raheem Sterling.

Dia pun juga mengingatkan kepada rekannya itu tidak melakukan kesalahan saat melakukan diving ketika laga persahabatan menghadapi Nigeria pekan lalu. Bahkan, Alli juga kerap dikritik karena terlalu mudah terjatuh untuk mendapatkan tendangan bebas dan penalti. Bukan hanya itu, dia juga pernah tertangkap kamera meninju pemain West Bromwich Albion Claudio Yacob di perut (April 2016) dan menerima larangan tiga pertandingan, mengacungkan jari tengah kepada wasit (yang ditujukan ke rekannya Kyle Walker), dan mendapatkan larangan satu laga pada kualifikasi Piala Dunia melawan Slovakia. Karena itu, gelandang berusia 22 tahun ini ingin menghilangkan kebiasaan buruknya tersebut.

“Kami semua tahu sepak bola sedang berkembang dan kami memiliki beberapa pertandingan (di Tottenham), di mana VAR memainkan peran, tetapi kami harus terbuka untuk berubah, terutama dengan cara apa pun yang dapat membantu permainan kami sejauh mungkin,” ucap Alli.

Raikhul amar