Edisi 12-06-2018
Naik 24 % , Habiskan 134 MB Data Sehari


DALAM 20 hari pertama Ramadan 1439 Hijriah, pelanggan Telkomsel sangat aktif menggunakan layanan data.

Rata-rata pelanggan mengonsumsi 134 MB layanan data setiap harinya atau meningkat sekitar 23% dibanding hari biasa. Penggunaan layanan data didominasi pemakaian media sosial yang meningkat 24% dibandingkan hari biasa. Media sosial menjadi kontributor tertinggi penggunaan layanan data di jaringan Telkomsel dengan 35,3%, diikuti video streaming (31%), layanan pesan instan (12,8%), berbagai layanan Google (7,3%), dan games (2,4%). Sementara itu, beberapa aplikasi yang menjadi favorit pelanggan selama Ramadan tahun ini adalah YouTube yang berkontribusi terhadap penggunaan layanan data Telkomsel sebesar 25,2%, diikuti Instagram (18,6%), Facebook (15,8%), WhatsApp (11,3%), dan Google (7,3%).

Secara khusus, Telkomsel telah membangun 12.000 BTS multiband LTE, menambah kapasitas jaringan pada 579 BTS 4G, mengoperasikan 73 mobile BTS, serta menambah kapasitas gateway internet 66% dari kapasitas existing menjadi 3.288 Gbps. Jalan tol yang merupakan jalur utama yang selalu padat saat mudik juga menjadi fokus pengamanan jaringan Telkomsel. Sebanyak 16 ruas tol utama di Sumatra dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, sudah dilayani 2.226 BTS, termasuk 666 BTS 4G. Seluruh upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan data pada periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2018.

Kesiapan Sambut Lebaran

Telkomsel wilayah operasional Jabotabek Jabar, misalnya, telah melakukan antisipasi peningkatan tra f fi c layanan komunikasi di beberapa lokasi yang menjadi fokus utama menjelang mudik 2018, seperti bandara, pelabuhan, gerbang tol, jalur utama mudik, hingga tempat wisata. “Kami sudah mengantisipasi dan mengoptimalisasi kualitas jaringan dengan mengoperasikan lebih dari 2900 BTS 4G baru dan menempatkan 19 BTS mobile (Combat) pada jalur mudik utama dan lokasi tujuan wisata favorit,” ungkap Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Ririn Widaryani.

Bertepatan dengan telah dibukanya jalan tol Bogor- Ciawi-Sukabumi atau disebut tol Bocimi dan Bandara Internasional Jawa Barat atau dikenal Bandara Kertajati di Majalengka, maka jalan tol merupakan jalur padat yang menjadi perhatian pengamanan jaringan Telkomsel, di mana jalan tol Bocimi seksi I dari Ciawi ke Cigombong mulai Jumat (8/6) sudah dapat digunakan pemudik. Tol sepanjang 15 km ini sudah dilayani lebih dari 116 BTS dengan jaringan 2G, 3G, dan 4G (all system ), sehingga komunikasi pemudik yang melewati jalan ini akan lancar.

Begitu pun Pelabuhan Merak, sebagai salah satu objek vital di jalur mudik 2018, Telkomsel juga sudah memperkuat jaringannya dengan menghadirkan 30 BTS all system di pelabuhan tersibuk se-Pulau Jawa ini saat menjelang Idul Fitri 2018. Memasuki libur Idul Fitri tahun ini, Telkomsel juga telah mengantisipasi dan memperkuat jaringan terbaiknya di sejumlah mal, tempat ibadah, dan lokasilokasi wisata yang ada di wilayah Jabotabek Jabar, seperti tempat rekreasi Pangandaran, wisata Kota Bunga Puncak, Pantai Sentolo Garut, dan beberapa tempat wisata utama lainnya.

Selain memperkuat jaringan, Telkomsel juga telah menyiapkan pos layanan berupa 91 GraPARI, 63 MOGI (Mobile GraPARI), serta 127 pos layanan dan penjualan yang tersebar di lokasi-lokasi utama di jalur mudik maupun lokasi wisata di wilayah operasional Telkomsel Jabotabek Jabar. “Kami harus hadir di objekobjek vital jalur mudik Idul Fitri 2018, baik dari aspek jaringan komunikasi maupun bisnis, supaya memberikan pengalaman terbaik bagi para pemudik kembali ke kampung halamannya,” ungkap Ririn.

Danang arradian