Edisi 11-07-2018
Perusahaan Perhiasan Gugat Istri Najib Rp212 M


BEIRUT - Perusahaan perhiasan asal Lebanon menggugat istri mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak, Rosmah Mansor, agar mengembalikan 44 perhiasan yang dikirim kepadanya.

Jika perhiasan itu tidak dikembalikan, perusahaan bernama Global Royalty Tra - ding SAL itu meminta Rosmah membayar USD14,79 juta (sekitar Rp212 miliar). Per - usahaan yang berbasis di Beirut itu mengajukan gugatan me la - lui Messrs David Gurupatham dan Koay di pengadilan tinggi pada 26 Juni.

Mereka menye - but nama Rosmah sebagai satusatunya tergugat. Media Malaysia mem per - oleh dokumen gugatan itu kemarin dari manajemen kasus Asisten Senior Registrar Siti Faraziana Zainuddin, di dam - pingi penasihat federal S Nar - kunavathy.

Narkunavathy menjelas - kan, Kantor Jaksa Agung ingin menjadi penengah dalam kasus tersebut karena perhiasan yang kini disita itu milik pemerintah Malaysia dan keluarga Najib dituduh membelinya meng gu - na kan uang curian. Pada Juni, beberapa penggeledahan di ke - diaman keluarga Najib men e - mukan lebih dari 10.000 per - hiasan dan barang mewah.

Narkunavathy menyatakan pengadilan juga meme rin tah - kan Rosmah mengajukan per - nyataan pembelaan pada 23 Juli dan manajemen kasus itu ditetapkan pada 27 Juli. Dalam pernyataannya, per - usahaan grosir perhiasan in - ternasional itu mengklaim Ros - mah me ru pa kan konsumen lama mereka dan per usahaan akan me ngirim per hiasan yang di - inginkan Rosmah dengan sistem konsinyasi.

Rosmah kemudian akan me - milih atau membeli barangbarang yang dia inginkan dan membayar perhiasan itu sen - diri atau melalui pihak ketiga. Perusahaan itu mengklaim barang-barang yang tidak di pilih biasanya akan di kem ba li kan. Ka - dang kala Rosmah akan me min - jam perhiasan itu se be lum di - kembalikan ke per usa haan.

Perusahaan itu biasa me - nyuplai perhiasan untuk keluarga kerajaan dan orangorang kaya di penjuru dunia. Perusahaan itu mengklaim Rosmah akan menerima per - hiasan itu secara langsung atau melalui agen di Kuala Lumpur, Singapura, atau Dubai.

Global Royalty menyatakan, pada 10 Februari 2018, dua agen mereka mengirim 44 per hiasan pada Rosmah, termasuk satu kalung berlian, anting-anting, cincin, gelang, dan tiara, yang masing-masing bernilai antara USD124.000 dan USD925.000.

Secara terpisah, Kepala Ke po - lisian Malaysia Mohamad Fuzi Harun mengatakan bahwa ke - polisian belum menerima apli - kasi apapun dari Rosmah yang meminta klaim kembali atas perhiasan yang disita aparat. Sebelumnya, Kepolisian Ma - laysia mengumumkan total aset yang disita dari beberapa properti keluarga Najib men - capai hampir USD275 juta (Rp3,9 triliun).

Aset yang disita itu berupa perhiasan, tas ta ngan, arloji, dan barang-barang lain serta uang tunai terkait Najib. Kepala Divisi Kejahatan Ko - mersial Kepolisian Malaysia Amar Singh menjelaskan, nilai barang-barang mewah yang disita dari enam properti keluar - ga Najib bernilai antara 900 juta ringgit dan 1,1 miliar ringgit (USD224 juta-USD273 juta). “Ini penyitaan terbesar dalam sejarah Malaysia,” kata Singh.

syarifuddin