Edisi 11-07-2018
Spesialis Pembobol Minimarket Ditembak


BEKASI - Dua dari tiga spesialis pembobol minimarket ditembak polisi seusai beraksi di Jalan Bulakmacan, RT 3/29, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, kemarin.

Tersangka Frenki Manik, 34, dan Perdi Pakpahan, 43, terpaksa dilumpuhkan di bagian kaki lantaran melakukan perlawanan saat disergap petugas. Sedangkan satu pelaku lain nya EA meloloskan diri dari sergapan petugas dan kini masuk daftar pencarian orang (DPO) Polres Metro Bekasi Kota.

“Pelaku sudah beraksi di beberapa wilayah di Jawa Barat, aksinya sangat meresahkan,” ujar Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota AKBP Jarius Saragih. Dari catatan kepolisian, para pelaku sudah beraksi sebanyak delapan kali di wilayah Kabupaten Indramayu, Subang, Pamanukan, Indramayu, Cirebon, pantura, dan Kota Bekasi. “Pelaku menggunakan gunting besi besar untuk memotong rantai kunci dan gembok minimarket serta mencuri barang berharga di minimarket,” katanya.

Biasanya pelaku beraksi saat minimarket tutup sekitar pukul 02.00-04.00 WIB. Caranya dengan memarkirkan mo bil boks di depan minimarket sasarannya sehingga warga tidak mencurigai aksi mereka. “Jadi, kawanan ini berpura-pura menjadi karyawan toko sehingga tidak di curigai warga,” ungkapnya.

Pengungkapan kasus ini bermula saat ketiga pelaku beraksi di minimarket Bula kmacan. Pemilik toko, Paul Gin ting, 42, baru mengetahui tokonya telah dibobol pelaku saat membuka toko pada pagi harinya. Korban ke mudian melaporkan kasus pencurian ini ke Mapolsek Bekasi Utara, Polrestro Bekasi Kota.

Dari penyelidikan di lokasi ditemukan beberapa alat bukti mengarah kepada para pelaku. Berdasarkan pengakuan Perdi Pakpahan, sudah lima tahun tinggal di Kota Bekasi dan menjadi sopir angkot 03 Pondokkopi-Bintara. Dia mengaku mengambil barang-barang yang mudah dijual.

“Saya menyesal tak akan mengulangi lagi perbuatan mencuri lagi, mudah-mudahan keluar dari sini yang terakhir,” katanya. Sedangkan rekannya, Frenk i, merupakan debt col - lector yang sudah saling kenal selama tinggal di Kota Bekasi.

Sementara itu, Polsek Serang Baru meringkus dua spesialis pencuri sepeda motor dan seorang penadahnya di wilayah Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi, Senin (9/7) malam. Tersangka berinisial AK, 22; RP,17; dan AN, 32, dibekuk di dua tempat berbeda tanpa perlawanan. “Tersangka AK dan RP adalah spesialis pencuri sepeda motor di minimarket,” ujar Kapolsek Serang Baru AKP Wito, kemarin.

abdullah m surjaya