Edisi 11-07-2018
Tak Ada Pengangkatan, Guru Honorer Wajib Tes


JAKARTA –Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memastikan tidak akan mengangkat guru honorer secara langsung.

Un tuk menjadi calon pegawai ne geri sipil (CPNS), para guru ho norer tetap harus mengikuti seleksi. Sebelumnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendik bud) Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya akan mengusulkan mengangkat 100.000 guru honorer menjadi pegawai negeri sipil (PNS) pada 2018.

“Kemendikbud me nyam pai - kan ada kekurangan guru, ma - ka kita prioritaskan pe ng ang - kat an guru baru. Tapi pe ser - tanya harus tes. Jadi, kalau guru honorer yang umurnya 35 ta - hun ke bawah silakan ikut tes,” kata Menpan-RB Asman Abnur di Jakarta, kemarin. Sebagaimana yang di te tap - kan Undang-Undang (UU) Apa - ratur Sipil Negara (ASN) bah - wa untuk menjadi CPNS ha rus melalui seleksi.

Termasuk bagi para tenaga honorer di daerah. “Ka lau tidak tes, maka me lang - gar UU,” ujarnya. Asman mengatakan, sam - pai saat ini pemerintah belum memutuskan formasi yang akan dibuka untuk seleksi CPNS tahun ini. Dia menilai Ke men - dikbud hanya meng hi tung ke - kurangan guru saja.

“Jangan di - salahartikan. Belum di pu tus - kan. Lagi difinalisasi,” ujarnya. Asman menargetkan ke bu - tuhan formasi dapat di pu - tuskan secepat mungkin se - hingga pada akhir tahun se lu - ruh tahapan seleksi bisa di tun - taskan. “Kita targetkan paling lama akhir bulan atau awal Agus tus itu sudah putuslah (jum lah formasi),” ujarnya.

Ditanyakan jumlah usulan tenaga pendidik, Asman me - nga takan, masih me ngum pul - kan data, baik dari Kemen dik - bud ataupun pe me rin tah dae - rah. Hal ini untuk me mastikan jumlah yang dite tap kan nanti sesuai dengan ke butuhan. “Ka - rena yang meng gu nakan guru kan daerah. Jadi ada di ka bu - paten/kota,” ung kap nya.

Sekretaris Deputi SDM Ke - menpan-RB Herman Sur ya t - man mengatakan, saat ini pe - merintah masih mem ve ri fikasi atas usulan kebutuhan pe gawai yang masuk. Dia me mastikan pemerintah akan mem buka seleksi tahun ini, mes kipun belum diputuskan wak tunya.

“Kita sedang meng kaji usulan. Seperti Pak Men teri katakan, semoga segera selesai,” ujarnya. Herman juga mengatakan, sia - pa pun bisa mengikuti se lek si untuk men jadi CPNS se la ma me menuhi syarat. Ter ma suk juga para te na ga honorer yang ingin menjadi CPNS.

dita angga