Edisi 11-07-2018
Kotamobagu Siapkan Evaluasi Program E-Government


KOTAMOBAGU – Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Kotamobagu mengaku siap mengikuti evaluasi program reformasi birokrasi di bidang penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau e-Government yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan- RB) pekan ini.

Kotamobagu menjadi salah satu peserta karena keberhasilan menerapkan sistem aplikasi berbasis elektronik di antaranya aplikasi Sikap, si Jem pol, dan aplikasi berbasis elektronik yang ada di Dinas Kepen du dukan dan Catatan Sipil (Dis duk ca - pil) dan Unit Layanan Pengadaan (ULP).
Kegiatan evaluasi SPBE di laksanakan berdasarkan Per - aturan Menteri PAN-RB Nomor 5/2018 tentang Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Ber - basis Elektronik. Kepala Bidang Statistik, Komunikasi dan Informasi Dinas Kominfo Kota Kotamobagu Mu - hammad Fahri Damopolii me - ngatakan, evaluasi dilakukan da - lam beberapa tahapan mulai dari sosialisasi yang sudah dilak sanakan tanggal 20 Maret 2018, di su - sul tahapan evaluasi mandiri, eva luasi dokumen, wawancara, dan observasi lapangan.

”Ruang lingkup penyelenggaraan SPBE mencakup kebijakan internal tata kelola dan layanan sistem pemerintahan berbasis elektronik,” kata Fahri, kemarin. Kepala Dinas Kominfo Kota Kotamobagu Ahmad Yani Umar menjelaskan kegiatan itu dilaksanakan selama tiga hari mulai dari Rabu–Jumat.

”Acara ini akan ada sesi wawancara dan kegiatan lainnya,” katanya. Dia mengatakan, Kotamobagu menjadi salah satu peserta karena keberhasilan dalam menerapkan sistem aplikasi berbasis elektronik di antaranya aplikasi Sikap, si Jempol, serta aplikasi berbasis elektronik yang ada di Disdukcapil dan ULP.

”Termasuk aplikasi SiKemas Kominfo dan paling utama Per - wa Nomor 37/2017 tentang pe - lak sanaan e-Government, apli - ka si e-Planning Bappeda, e-Data Based, e-Monev yang sudah ber - ja lan sejak 2016. Dari sistem ter - sebut, Ko-tamobagu dapat peng - hargaan Pangripta,” katanya.

cahya sumirat