Edisi 11-07-2018
Lampung Pamerkan Budaya di Australia 2020


BANDAR LAMPUNG – Provin si Lampung bersiap memamerkan berbagai kekayaan budaya Nusantara di ajang Konferensi Budaya Lampung di Melbourne, Australia, 2020 mendatang.

Pemeran kebudayaan ini disampaikan Arinal Djunaidi, gubernurLampungterpilih, saat menerima kunjungan rombongan Margaret Kartomi dari Monash University, Melbourne, Australia, kemarin. Didampingi Chusnunia (Nunik)–wakil gubernur terpilih, Arinal menjelaskan bahwa Indonesia memiliki 1.340 suku, namun yang memiliki aksara hanya Batak, Lampung, Jawa, dan Makassar.

”Sekarang kesempatan untuk kami orang Lampung untuk mempromosikan daerah. Apalagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang gencar-gencarnya mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia,” ujar Arinal.

Margaret Kartomi sendiri meminta agar pemerintahan Gubernur Arinal-Nunik lebih giat lagi mengembangkan dan mempromosikan kebudayaan seperti halnya Jawa, Bali, Aceh, Batak, Papua, dan daerah lainnya di Indonesia. ”Masyarakat internasional perlu kenal rakyat Lampung lebih banyak dan lebih dekat lagi.

Perlu banyak bikin event-event budaya di Lampung dan di dunia internasional,” ujar ahli budaya Indonesia asal Australia ini. Margaret juga memuji upaya pemerintahan Lampung Timur yang sudah terus-menerus mengangkatbudaya rakyat lewat berbagai ajang pariwisata.

”Masyarakat internasional sangat tertarik dengan berbagai festival yang diselenggarakan bupati LampungTimur, sepertiFestival Way Kambas, Festival Melinting, Festival Panen Padi, dan Festival Musik yang diselenggarakan ibu bupati,” jelasnya.

m ridwan