Edisi 11-07-2018
Presiden Minta Kandungan Biodiesel Naik Jadi 30%


BOGOR - Presiden Joko Widodo meminta kandungan biodiesel di bahan bakar nabati (BBN) di tingkatkan menjadi 30% sebagai satu langkah meng hadapi tekanan ekonomi global.

“Bapak Presiden juga sampaikan terkait dengan biodiesel, di mana penggunaan biodiesel 20% dan sekaligus juga dikaji peng gunaan biodiesel ke 30%,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto se usai rapat terbatas membahas tekanan ekonomi global terhadap kurs rupiah dan ekonomi nasional yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, kemarin.

Airlangga mengatakan pemerintah akan meningkatkan kon sumsi biodiesel sebesar 500.000 ton per tahun. “Nah,ini yang Bapak Presiden minta untuk segera dibuatkan kajiannya,” kata Menperin yang didampingi Kepala BKPM Thomas Lembong untuk menyampaikan hasil rapat terbatas yang menyikapi kondisi perekonomian, baik makro maupun mikro di dunia dan dalam negeri.

Selain itu, kata Menperin, da lam rapat juga diminta mengkaji industri-industri nasional yang bisa meningkatkan utilisasinya, melakukan ketersediaan bahan baku di dalam negeri. “Contohnya korporasi-korporasi seperti di Tuban yang bisa menyediakan bahan baku petrokimia maupun BBM,” kata Airlangga.

Airlangga mengungkapkan bahwa rapat terbatas ini membahas upaya untuk memper kuat perekonomian nasional, juga memberi ketenteraman kepada industri nasional, atau para pengusaha serta iklim investasi.

oktiani endarwati/ant



Berita Lainnya...