Edisi 11-07-2018
Inggris Sudah “Juara”


Butuh 23 tahun buat Inggris melangkah ke semifinal. Terakhir The Three Lions menjejakkan kaki di semifinal terjadi pada 1990. Tapi, mereka dihentikan Jerman Barat lewat adu penalti.

Setelah itu, Inggris lebih banyak berkutat di perempat final bahkan fase grup pada 2014. Wajar jika langkah Harry Kane dkk ke semifinal untuk me - nan tang Kroasia di Stadion Luzh - niki, Moskow, langsung disambut gegap gempita. Pendukung Inggris mulai berani bermimpi mereka akan mengulangi pencapaian pada 1966 saat mengang - kat trofi Piala Dunia. Tapi, sebelum final digelar, Ing gris sebenarnya sudah men jadi juara setelah kompetisi mengi - rim pemain yang bermain di semi final. Sebagian besar semi - finalis merumput di Liga Primer Inggris.

Dari 91 pemain yang bertarung di semifinal, tersebar di empat tim, 41 di antaranya berasal dari kompetisi domestik Inggris, baik Liga Primer atau Divisi Championships. Sementara Spanyol menyumbang 12, Prancis yang bermain semi final, liganya hanya mengirim 12, Jerman (7 pemain), Italia (7), Kroasia (2), Belgia (2), China (2), Skotlandia, dan Rusia, Austria, Turki serta Ukraina masingmasing hanya 1 pemain. Pemain Liga Primer menjadi tumpuan Inggris dengan 23 pemain dan Belgia (12). Prancis ber tumpu pada Ligue 1 Prancis yang mengirim sembilan pemain dan menggunakan jasa lima pemain Liga Primer.

Sementara Kroasia sebagian besar pemainnya berasal dari Seri A Italia (5) dan hanya satu pemain dari Ing - gris. “Dari perspektif Inggris, kami beruntung karena pemain muda kami bermain di bawah Antonio Conte, Juergen Klopp, Jose Mourinho, Pep Guardiola, dan Arsene Wenger,” ujar Pelatih Inggris Gareth Southgate.

Ma’ruf