Edisi 11-07-2018
Ranjang Tepat Tidur Pun Nyaman


SALAHsatu ruangan yang bersifat pribadi dalam sebuah rumah tinggal adalah kamar tidur. Karenanya, desain kamar tidur harus bersifat menyenangkan dan nyaman bagi penghuninya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat mendesain kamar tidur adalah besaran dan bentuk ruangan, posisi kamar tidur, ukuran bukaan pintu dan jendela, tata lampu, tema warna serta material yang digunakan. Selain hal tersebut, elemen pengisi ruang juga turut berperan, seperti bentuk furnitur, aksesori, serta pendukung keindahan tampilan kamar. Bukan hanya bagaimana Anda menciptakan bentuk ruang tidur yang nyaman, pendukung yang lainnya bisa ditentukan dari pemilihan tempat tidur yang tepat. Ragam tempat tidur yang bisa digunakannya pun beragam mulai dari yang lesehan, berpilar, hingga bertingkat. Tempat tidur lesehan yang langsung ditempatkan tanpa atau dengan alas di atas lantai sangat cocok untuk kamar tidur yang cenderung kecil.

“Jenis ini biasanya disukai remaja atau mereka yang berjiwa muda. Kalau mau ditampilkan yang lebih beda, bisa menggunakan lembaran plywood setinggi 10 cm sebagai alasnya. Ukuran alas boleh tidak pas dengan ukuran kasur, tapi harus dilebihkan sampai ke batas dinding dari kaki tempat tidur,” saran Susan Oktari Yawhan, desain interior sekaligus pemilik galeri furnitur Loista. Bentuk lain yang bisa Anda pilih adalah panel bed yang dilengkapi degan kasur variasi ukuran. Tempat tidur ini terbuat dari berbagai macam material, mulai dari kayu, metal, bambu, rotan, dengan gaya klasik, etnik dan modern kontemporer.

Panelnya pun bisa Anda kreasikan dengan beragam bentuk fungsional seperti rak penyimpanan di backhead tempat tidur. “Memilih tempat tidur juga harus melihat bagaimana penataan kamar tidur yang diinginkan, jangan memaksakan menggunakan tempat tidur dengan beragam ukiran jika ukuran ruangannya tidak mencukupi karena akan memberikan kesan sempit dan terlalu memaksakan,” saran arsitek Ari Indra. Kemudian ada tempat tidur yang memiliki empat pilar penyangga utama, bersusun sorong, susun tangga, ber pla - fon, berkanopi, dan ada yang menyatu dengan tempat pe - nyim panan. Ada juga bentuk sofa bed yang multifungsi, yang bisa dimanfaatkan untuk ruang terbatas.

“Sebagai pelengkap inte rior nya, bisa ditempatkan night stand, side table, bench . Beberapa pelengkap ini bisa ditempatkan di kaki tempat tidur,” tutur Ari. Selanjutnya, soft material seperti bedding set, upholstery , dan tirai yang didesain dengan cermat juga makin menambah cantik kamar tidur. Pilih motif sesuai selera, sebisa mungkin dalam satu kesatuan tema antara satu dengan lainnya. Tidak hanya itu, ruang tidur yang sejuk dan teduh juga bisa membuat Anda betah berada lama-lama di dalamnya. AC selalu menjadi kunci utama untuk menyejukkan kamar kala Anda terlelap pada siang dan malam hari.

Selain itu, sekarang ada AC yang dapat membunuh kuman yang ada di dalam kamar, terlebih lagi bila ruangan kamar tersebut minim akan ventilasi untuk pergantian udara di dalamnya.

aprilia s andyna