Edisi 11-07-2018
Tren Cincin Tunangan Selebritas


CINCIN pertunangan merupakan simbol pengikat dua insan yang saling mencintai. Pada 2018 ini, cincin tunangan hadir dengan berbagai tren terbaru yang dipengaruhi selebritas dunia.

Tren cincin pertunangan saat ini cukup dipengaruhi cincin tunangan selebritas Hollywood. Cincin tunangan Ariana Grande menjadi perbincangan sejak pertengahan Juni lalu. Penyanyi cantik yang kini dikabarkan bertunangan dengan aktor Pete Davidson ini tampak mengenakan cincin 3 karat. Meski hubungannya baru berjalan beberapa pekan, keduanya dikabarkan ingin menjalin hubungan serius. Cincin tunangan Ariana Grande juga sempat ditampilkan di sosial media Instagram oleh saudara lakilaki Ariana, Frankie.

Cincin seharga USD93.000 (Rp1,3 miliar) tersebut diciptakan perancang perhiasan yang berbasis di New York bernama Greg Yuna. “Saya merasa seperti memenangi kontes, sangat sakit,” komentar Jimmy Fallon di acara The Tonight Show , dilansir popsugar.com . Selain cincin tunangan Ariana Grande, cincin tunangan Paris Hilton juga cukup ramai diperbincangkan. Pada awal 2018, aktor Leftovers , Chris Zylka, berlutut satu kali selama di Pegunungan Alpen untuk melamar Paris. Para ahli memperkirakan cincin tunangan tersebut dihiasi permata 20 karat bernilai USD2 juta (Rp28 miliar).

Cincin tunangan lain yang tidak kalah menyedot perhatian tentu saja cincin tunangan Prince Harry dan Meghan Markle. Cincin tiga batu tersebut terdiri atas satu berlian dari Botswana dan dua lainnya dari koleksi pribadi Putri Diana. Menurut pakar permata sekaligus direktur brand perhiasan ternama, Pluczenik, Grant Mobley, selebritas memiliki pengaruh kuat untuk memopulerkan cincin dari segi bentuk, warna, dan materialnya. Terkait cincin pertunangan Meghan Markle, Mobley berpendapat, sebenarnya cincin tiga batu sudah ada sejak lama, tetapi popularitasnya meningkat secara signifikan setelah Meghan Markle memakainya.

“Cincin Meghan begitu indah karena bertakhtakan berlian berbentuk bantal di bagian tengah dan berlian dari Putri Diana di sisi samping yang merupakan pusaka keluarga,” ujar Mobley, dilansir dailymail.co.uk . Mobley menerangkan, selain cincin tiga batu, ada pula cincin pertunangan lain yang tengah menjadi tren, yakni cincin berlian murni berbentuk oval. Cincin ini dipopulerkan selebritas seperti Blake Lively, Kirsten Dunst, Serena Williams, dan Ashley Greene. Menurut Mobley, berlian murni telah digunakan untuk cincin tunangan selama berabadabad karena merupakan simbol cinta, keaslian, dan kekuatan.

Bentuk berlian murni paling menonjol baru-baru ini yakni berbentuk oval. Cincin pertunangan berupa cincin berlian tidak selamanya berwarna putih atau bening. Menurut Mobley, saat ini cukup banyak selebritas yang mulai menggunakan cincin berlian kuning dengan efek gradasi. Selebritas yang memopulerkan cincin berwarna unik ini di antaranya Nicki Minaj, Kelly Clarkson, Iggy Azalea, dan Heidi Klum. “Berlian kuning dengan gradasi warna biasanya bernilai lebih tinggi daripada berlian putih,” ujar Mobley. Berlian bukan satu-satunya bahan yang digunakan selebritis sebagai cincin pertunangan.

Menurut Mobley, cincin tunangan berbahan logam berwarna rose gold kini juga tengah diminati. Menurutnya, ketika memilih logam untuk cincin tunangan, pilihan konvensional yang paling populer di antaranya putih, emas kuning, dan platinum. “Kini cukup banyak orang yang meminati warna unik seperti rose gold ,” ujar Mobley. Sementara itu, menurut Shop Manager Grafton Street Jewellers Boodles Madeline Hanlon, cincin merah muda atau rose gold terlihat cantik pada warna kulit apa pun dan memiliki kesan feminin yang disukai banyak perempuan.

Penambahan aksen di sekitar berlian atau rangka cincin dapat memberi kesan unik. Selain itu, Hanlon menambahkan, cincin warna rose gold sangat cocok apabila dipadukan dengan busana putih. Paduan warna ini memberi kesan lebih cerah dan bersinar.

Dwi nur ratnaningsih