Edisi 11-07-2018
Alih Teknologi Klinik Asal Taiwan


PT AnHo Biogenesis Prima Indonesia telah membuka AnHo Premiere Clinic Indonesia di Jakarta dan beberapa lokasi lainnya dengan investasi USD5 juta sejak 2014.

AnHo Premiere Clinic Indonesia merupakan klinik kesehatan yang fokus pada pengobatan integratif yang pendiriannya diinisiasi oleh ahli imunologi Dr Ting Yuan Hsu dari Taiwan dan PT Biogenesis Prima. Presiden Direktur PT AnHo Biogenesis Prima Indonesia Dewi M Senduk mengatakan, pendirian klinik pengobatan secara integratif yang pertama kalinya di Indonesia ini ditujukan khusus untuk memperbaiki kondisi umum kesehatan sehingga dapat mencegah berbagai penyakit. Klinik kesehatan ini menempati luas area 1.378 meter persegi menggunakan teknologi canggih dari Uni-Gene Biotec Inc.

Nilai investasi itu dipergunakan untuk pembangunan sarana infrastruktur gedung dan pengadaan laboratorium. Pembuatan klinik yang akan berdiri di Jakarta ini 100% merupakan alih teknologi, seperti AnHo Clinic di Taiwan yang didirikan oleh Dr Ting Yuan Hsu. Dewi menambahkan, pihaknya juga mengadakan serangkaian seminar untuk menambah wawasan para dokter, terutama yang sering berhadapan dengan pasien kanker tentang teknologi diagnostik terkini dan terapinya, serta dapat memberi manfaat bagi pasien penderita kanker dan perkembangan ilmu kedokteran di Indonesia.

“Dalam dekade terakhir, imunoterapi kanker telah mendapatkan minat yang besar dalam komunitas ilmiah dan klinis, menjadi pilihan pengobatan yang menjanjikan untuk berbagai jenis kanker, khususnya dalam kombinasi dengan kemoterapi, radioterapi, dan bedah,” kata Dewi. Ketua Umum Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI) dan Ketua Yayasan Kanker Indonesia Prof Dr dr Aru Wicaksono Sudoyo SpPD KHOM FACP FINASIM mengungkapkan, angka kanker di Indonesia akan dapat diturunkan dengan langkah-langkah pencegahan dan deteksi dini.

“Imunoterapi yang memberdayakan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker akan menjadi metode terapi masa depan. Oleh sebab itu, kita perlu mengikuti perkembangan ilmu ini,” katanya.

anton c