Edisi 12-07-2018
Garuda-Citilink Raih Penghargaan Maskapai Terbaik


JAKARTA– Maskapai nasional Garuda Indonesia dan anak usahanya Citilink Indonesia meraih penghargaan sebagai maskapai terbaik pilihan pembaca situs perjalanan terkemuka di dunia, TripAdvisor.

Dalam ”TripAdvisor Travelers' Choice Awards 2018” yang diselenggarakan TripAdvisor, untuk kedua kalinya Garuda Indonesia kembali dinobatkan sebagai maskapai penerbangan terbaik di Indonesia. Selain itu, Garuda Indonesia juga berhasil masuk pada pemeringkatan ”Travelers’ Choice Winner, Major Carriers-Asia” dan ”Travelers’ Choice Winner, Economy Class-Asia”.

Sementara Citilink Indonesia untuk pertama kalinya mendapatkan penghargaan sebagai ”Best Low Cost Airlines-Asia”. ”Selamat untuk Garuda yang memenangkan tiga Travelers’ Choice Award 2018. Juga Citilink yang meraih award pertama untuk kategori Low Cost Carrier (LCC) terbaik,” ujar President, Flights and Cruise TripAdvisor Bryan Saltzburg di sela pemberian penghargaan di Kantor Garuda Indonesia, Jakarta, kemarin.

Bryan mengapresiasi kinerja dan konsistensi layanan Garuda. Menurut dia, tidak mudah untuk mempertahankan keberhasilan yang telah dicapai sebelumnya, apalagi di tengah kondisi industri penerbangan semakin kompetitif.

”Penghargaan ini membuktikan bahwa Garuda Indonesia berhasil mempertahankan konsistensi bahkan mengembangkan inovasi layanannya kepada para pengguna jasa,” ujarnya. Direktur Layanan Garuda Indonesia Nicodemus P Lampe mengatakan, keunggulan Garuda yang utama adalah dalam hal keramahtamahan.

Dalam hal servis, kata dia, Garuda juga masuk 10 besar terbaik di dunia. ”Kami paling kuat di inflight-nya. Kita lihat traveler ada yang mereview makanannya yang baik, seat cukup lega, pramugarinya ramah. Memang kami ingin membawa keramah tamahan Indonesia kepada dunia,” tuturnya.

Nicodemus menambahkan, saat ini Garuda sedang melaksanakan berbagai program dan inovasi untuk memperbaiki layanan agar lebih cepat dan lebih mudah. ”Misalnya terkait pembelian tiket, lalu tidak ada aturan yang menyulitkan penumpang, dan saat penumpang sampai di bandara ambilbagasinya jugacepat.

Selain itu, kalau ada masalah juga cepat dan tidak bertele-tele penyelesaiannya,” ungkapnya. Sementara itu, Direktur Uta ma Garuda Indonesia Pahala N Mansury mengapresiasi dukungan masyarakat Indonesia dan dunia pada survei yang dilakukan Trip Advisor tersebut terhadap Garuda dan Citilink Indonesia.

Pada ajang itu, terdapat sekitar 6000 pembaca atau travelers memberikan review positif bagi Garuda. ”Penghargaan ini sekaligus juga merupakan tantangan bagi kami untuk terus memberikan layanan terbaik secara konsisten sehingga dapat memberikan kenyamanan lebih bagi para pengguna jasa kami,” ucapnya.

Senada dengan Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo yang berterima kasih atas penghargaan diberikan kepada Citilink sebagai salah satu LCC terbaik di Asia berdasarkan ulasan travellers yang menyatakan para wisatawan menghargai keramahtamahan staf, ketepatan waktu di atas 80%, tingkat keamanan, serta kebersihan kabin pesawat.
”Dengan adanya pengakuan Travellers Choice dari TripAdvisor ini semakin membuka peluang bagi Citilink Indonesia untuk terus bisa bersaing dan mulai melebarkan sayap ke pasar regional,” tuturnya.

inda susanti

Berita Lainnya...