Edisi 12-07-2018
Sukarelawan, Jiwa dan Jantung Piala Dunia


MOSKOW– Piala Dunia 2018 Rusia diklaim menjadi yang terbaik sepanjang sejarah penyelenggaraan turnamen.

Di balik kemegahan pesta sepak bola empat tahunan tersebut, puluhan ribu sukarelawan bekerja keras siang dan malam untuk memastikan penonton, ofisial tim, pemain, dan media merasakan kenyamanan. FIFA mencatat, ada 17.040 sukarelawan yang terlibat di Piala Dunia 2018. Mereka dipilih dari 176.870 kandidat yang mendaftarkan diri untuk melaksanakan 20 bidang tugas sepanjang turnamen. Volunter yang 64% di antaranya merupakan perempuan ini berasal dari beragam latar belakang profesi dan negara. Ada yang merupakan kapten kapal tanker, juara lomba perahu naga, hingga mantan pesepak bola profesional.

Bahkan, ada beberapa di antaranya masih terikat hubungan keluarga. Meski demikian, mayoritas atau 93% sukarelawan ini merupakan penduduk lokal Rusia. Sisanya direkrut secara khusus oleh FIFA dari 112 negara dari seluruh dunia. Mereka disatukan atas dasar kecintaan terhadap sepak bola dan menunjukkan komitmennya bekerja keras selama beberapa pekan. “Menjadi bagian dari turnamen ini dan bisa berhubungan dengan orangorang dari seluruh dunia merupakan pengalaman yang luar biasa. Kami sudah menjadi keluarga besar,” kata Hiba, sukarelawan asal Maroko, dilansir FIFA.

Komitmen sukarelawan dari berbagai negara ini sa - ngat diapresiasi FIFA. Sekre - taris Jenderal FIFA Fatma Samoura menyebut jika komitmen para volunter se - lama penyelenggaraan Piala Dunia sangat luar biasa dan menyatakan terima kasih atas kerja keras mereka. “Anda adalah jantung dan jiwa dari Piala Dunia 2018. Anda adalah orang-orang yang membuat turnamen ini menjadi kenyataan dan berjalan dengan sangat baik,” kata Samoura, saat mengunjungi Volunter Centre di Luzhniki Stadium, Moskow. Legendaris sepak bola Michel Salgado dan Julio Baptista juga memberikan apresiasinya terhadap sukarelawan Piala Dunia.

Baptista menilai penyelenggaraan di Rusia merupakan yang terbaik sepanjang sejarah dan hal tersebut tidak akan tercapai tanpa energi positif dari volunter. “Kami ingin mengucapkan terima kasih atas keramahan dan senyum kepada Anda semua. Anda adalah orangorang yang telah membuat Piala Dunia kali ini menjadi yang tersukses dan itu sangat istimewa,” tambah Salgado.

Abriandi