Edisi 12-07-2018
Mobil dan Era Baru GIIAS 2018


AJANG Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 akan digelar pada 2-12 Agustus 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. Total akan ada 40 mobil baru yang siap memanjakan mata.

Apa saja mobil tersebut? GIIAS 2018 datang lagi, seminggu lebih cepat ketimbang penyelenggaraan GIIAS 2017 yang juga diselenggarakan pada bulan yang sama, Agustus. Pameran automotif yang diklaim terbesar di Asia Tenggara ini akan diikuti puluhan merek mobil. Mereka nantinya menghadirkan 40 mobil baru dan mobil konsep di ajang yang disponsori Astra Financial, Protera, dan LLumar tersebut. Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo, mengatakan, seluruh peserta GIIAS akan menghadirkan kejutan bagi para pengunjung. Selain ken daraan roda empat atau lebih, sepeda motor dan sepeda mo tor komersial akan melun curkan delapan motor baru dan konsep pada GIIAS 2018.

“Fakta GIIAS adalah ajang yang ditunggu publik untuk mencari informasi terbaru dari industri automotif membuktikan bahwa GIIAS sebagai kekuatan pendorong yang memengaruhi masyarakat Indonesia. Hal ini menekankan GIIAS sebagai platform terbaik untuk meluncurkan kendaraan dan teknologi terbaru. Saat ini tercatat lebih dari 40 kendaraan baru dan konsep diluncurkan di GIIAS 2018, yang tentunya akan mencerminkan teknologi beyond mobility, “ papar Rizwan dalam Konferensi Pers GIIAS 2018 di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (10/7) lalu. Beberapa peserta pameran telah mengumumkan kisi-kisi mobil mereka di acara tersebut. Misalnya, PT Nissan Motor Indonesia akan membawa penantang bagi Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, yakni Nissan Terra.

Ada juga PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang ternyata di ajang ini malah membawa anggota atau varian baru dari Mitsubishi Xpander. Bambang Kristiawan, Head of PR & CSR Department PT MMKSI, memang hanya menampilkan siluet Xpander varian baru tersebut. Hanya, dia mengatakan, mobil tersebut akan menjadi pelengkap keluarga Mitsubishi Xpander dan memiliki kelebihan yang juga baru. Selain varian baru untuk Mitsubishi Xpander, PT MMKSI juga akan menghadirkan sebuah mobil konsep, e-Evolution, yang merupakan unit sport-utility vehicle (SUV) dengan desain dan teknologi canggih. “Ini adalah prototipe teknis untuk produk masa depan dengan mengintegrasi kendaraan SUV, EV (electric vehicle ), dan artificial intelligence system ,” ujar Bambang.

PT Honda Prospect Motor (HPM) juga akan memanaskan genderang perang mobil baru di GIIAS 2018. Mereka akan meluncurkan mobil baru bertaraf world premiere atau pertama kalinya di dunia. Dulu mereka pernah melakukannya dengan Honda Mobilio dan Honda BR-V. Kini mereka mencoba melakukan hal yang sama di GIIAS 2018. Namun, HPM masih menutup rapat-rapat nama mobil tersebut. Jika merujuk GIIAS tahun lalu, di mana HPM meluncurkan Honda Small RS Concept atau Brio paling kencang, seharusnya HPM tahun ini membawa versi produksi mobil tersebut. Hanya, mereka meminta masyarakat menunggu dan melihatnya langsung di GIIAS 2018.

“Mobil ini nantinya juga dipasarkan di Indonesia,” ujar Yulian Karfili, Public Relations Assistant Manager HPM. Meski statusnya masih pemain baru, Wuling juga akan menggebrak GIIAS 2018 dengan dua model baru. Hanya, Dian Asmahani, Brand Manager PT Wuling Motors Indonesia, masih menutup rapat-rapat identitas mobil tersebut. Nantinya di GIIAS 2018, dua model baru itu akan melengkapi line up yang saat ini dipasarkan Wuling di Indonesia, yakni Wuling Confero, Wuling Confero S, Wuling Cortez 1.8L, dan Wuling Cortez 1.5L. Mobil-mobil baru memang menjadi daya tarik utama GIIS 2018. Hanya, perlu diingat bahwa GIIAS 2018 juga memiliki pesan utama lainnya.

Tanpa kita ketahui, dalam waktu dekat Indonesia akan memasuki era baru industri automotif, yakni era Euro4. “GIIAS kali ini istimewa untuk Gaikindo karena saat pelaksanaannya akan dilangsungkan dua acara penting. Pertama adalah deklarasi yang menandai Indonesia telah memasuki era Euro4, sebuah langkah yang sangat penting untuk pertumbuhan industri automotif Indonesia. Kedua, pemerintah berencana meluncurkan alat mekanik multiguna pedesaan (AMMDes) sebagai satu lagi pencapaian industri di Indonesia. Kedua momen tersebut memberikan kebanggaan tersendiri bagi Gaikindo,” ungkap Yohanes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

Wahyu sibarani