Edisi 12-07-2018
Mobil Buatan Wanita untuk Wanita


STEREOTIPE wanita tidak bisa mengendarai mobil ternyata bikin sejumlah pejabat teras di Volvo geram. Mereka akhirnya sepakat untuk membuat sebuah mobil yang dibuat oleh wanita dan untuk wanita.

Mobil konsep Volvo YCC yang merupakan singkatan dari Your Car Concept ini memang seratus persen dibuat oleh kaum hawa yang ada di Volvo. Mobil ini didesain oleh tiga desainer wanita Volvo. Saat ini dibuat seluruh teknisinya juga wanita. Jadi, seratus persen mobil ini buatan wanita. “Mobil ini memenuhi semua hal yang diinginkan para wanita. Keinginan mereka melebihi keinginan para lelaki yang selalu berbicara performa dan gaya,” ujar Maria Widell Christiansen, Project Manager Design Volvo. Lalu, apa saja kebutuhan wanita yang dapat dipenuhi oleh mobil ini?

Pertama, mobil ini tidak butuh penanganan berkala. Volvo menjamin mobil ini tidak akan buat repot kaum hawa yang memang tergolong enggan berurusan dengan dapur pacu. “Satusatunya hal yang membuat mereka membuka kap mesin adalah saat mereka mengisi air untuk pembersih kaca mobil,” kata Tatiana Butovitsch Temm, YCC Communications Manager. Mereka juga menyediakan ban mobil berjenis run flat tyre untuk mobil ini. Jadi mereka tidak perlu khawatir jika ban mobil bocor atau kurang angin. Mereka tidak akan perlu mengganti ban mobil. Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem parkir otomatis, baik parkir paralel maupun parkir biasa.

Saat parkir paralel, mereka tinggal menekan tombol dan biarkan mobil yang mengaturnya sendiri. Begitu juga saat parkir biasa. Nah yang menarik, mobil ini memiliki kapasitas bagasi yang besar. Bahkan, baris kedua mobil ini bisa ditiadakan. Hal ini dilakukan karena wanita memang kerap menggunakan ruang tersebut untuk barang belanjaan. Agar lebih mudah lagi pintu mobil sayap camar ini bisa terbuka dengan sendirinya saat pemilik mobil mendekat. Jadi, para wanita tersebut tidak perlu repot mencari kunci saat membawa barang belanjaan.

(wahyu sibarani)