Edisi 12-07-2018
Pernod Ricard Indonesia Peduli Kelestarian Ekosistem Alam


UNTUK meningkatkan kepedulian dalam menjaga kelestarian ekosistem alam, Pernod Ricard Indonesia menggelar aksi sosial bertajuk Responsib ‘All Day dengan menanam bibit bakau (mangrove ) di Taman Wisata Alam Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

Langkah ini dilakukan perusahaan multinasional tersebut untuk meningkatkan kepedulian masyarakat menjaga lingkungan yang kini mulai terancam rusak akibat pencemaran. Pernod Ricard pun ikut menggerakkan kesadaran 18.500 karyawannya demi mewujudkan tujuan good times from a good place . Seluruh karyawan dari 85 perusahaan afiliasi di seluruh dunia yang tergabung di lebih dari 100 projects komunitas lokal diharapkan dapat menunjukkan komitmen dan kontribusi penuh terhadap kehidupan sosial, salah satunya di Indonesia. Di Tanah Air, Pernod Ricard Indonesia juga melakukan hal serupa dengan melakukan kegiatan sosial penanaman 30 bibit pohon bakau di Taman Wisata Alam Pantai Indah Kapuk.

“Aksi sosial ini sudah kami selenggarakan untuk kedelapan kalinya. Tahun ini kami berusaha fokus melakukan aksi sosial dengan menanam bibit mangrove untuk menjaga ekosistem. Kegiatan ini diambil bukan tanpa alasan, karena produksi kami membutuhkan air sebagai kandungan inti dalam produk yang kami hasilkan di Pernod Ricard. Aksi ini juga untuk menimbulkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga air,” ujar Edhi Sumadi, Managing Director Pernod Ricard Indonesia di Jakarta baru-baru ini. Kegiatan ini dilakukan Pernod Ricard bukan tanpa alasan. Agrikultur merupakan bagian penting dari bisnis yang dijalankan, di mana ternyata 33% lahan secara global mengalami kerusakan yang menyebabkan terganggunya ekosistem dan lingkungan.

“Meskipun baru sedikit, kami bangga telah melakukannya daripada tidak sama sekali. Kegiatan ini akan kami lakukan secara berkelanjutan dan mudah-mudahan bisa menjadi contoh dan diikuti perusahaan lain,” kata Managing Director Pernod Ricard Indonesia Edhi Sumadi. Dengan kegiatan ini, Pernod Ricard percaya setiap perusahaan memiliki tanggung jawab dan diharuskan menjadi pemimpin yang dapat menjaga kelestarian lingkungan. Sebagai contoh, Pernod Ricard telah menandatangani kerja sama dengan Impact 2030 yang bertujuan menyatukan para penggerak dari private sector, masyarakat, dan akademisi untuk mendukung karyawan di berbagai perusahaan demi mencapai United Nations’ Sustainable Develompment Goals (SDGs).

“Kami berusaha menggandeng komunitas yang ada di Indonesia, yang selama ini loyal menggunakan produk yang kami buat. Kegiatan ini akan terus kami gelar sebagai wujud komitmen dan tang gung jawab kita untuk sama-sama menjaga kelestarian lingkungan,” tutur Edhi. Kegiatan ini diikuti sejumlah karyawan Pernod Ricard dan petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kementerian Kehu - tan an. Edhi menambahkan, kehidupan yang berkualitas tidak akan hadir tanpa sebuah tanggung jawab. “Saya merasa bangga dengan seluruh karyawan Pernod Ricard yang dengan penuh semangat menjalankan pekerjaan seharihari mereka,” ungkapnya.

Thomasmanggalla