Edisi 12-07-2018
Saatnya Spion Masa Depan


AUDImemperkenalkan konsep baru spion masa depan di mobil terbaru mereka Audi E-Tron. Konsep spion masa depan ini sebenarnya mirip dengan spion yang terefleksi lewat video ke dasbor mobil.

Bedanya Audi kini membuatnya jauh lebih canggih lagi. Teknologi spion yang mereka kenalkan tersebut adalah Virtual Side Mirror System. Berkat teknologi ini, Audi E-Tron tidak lagi memiliki spion. Dia hanya memasang sebuah kamera di kiri dan kanan mobil, serta di bagian belakang mobil. Nah, bedanya pandangan yang terefleksi ke dalam mobil bukan disalurkan ke layar video. Alih-alih, Audi menyediakan sebuah layar OLED berukuran 7 inci yang ada di pintu dalam kiri dan kanan mobil. Tepatnya berada di bagian atas gagang pintu mobil bagian dalam. Menariknya lagi gambar yang terefleksi tidak hanya bisa dilihat secara normal.

Pengemudi atau penumpang bisa memperbesar dan memperkecil gambar tersebut. Jadi, pengemudi Audi E-Tron bisa lebih memastikan objek yang hendak mereka lihat. Layar trapezoidal itu juga bisa menampilkan seluruh keadaan jalan hingga di bagian bawah mobil. Alhasil penumpang atau pengemudi bisa mengontrol seluruh keadaan di luar mobil. Bahkan, mereka bisa mengatur pandangan spion tersebut dalam tiga mode, jalan bebas hambatan, parkir, dan berbelok. Audi memastikan teknologi spion ini tidak hanya akan hadir dalam bentuk konsep.

Teknologi ini akan dijadikan produk massal saat Audi ETron diluncurkan di Brussels, Belgia pada Agustus nanti. Namun, terlebih dulu mereka membuktikan bahwa teknologi tersebut memang bisa berfungsi lewat akun resmi Facebook mereka.

(wahyu sibarani)