Edisi 21-07-2018
Presiden Puji Kiprah Alumni PMII di Pemerintahan


JAKARTA –Musyawarah Nasion al ke-6 Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA-PMII) resmi di buka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin.

Presiden memberikan apresiasinya bagi para alumni PMII yang telah memberikan sumbangsih tenaga dan pikirannya untuk pemerintahan. “Saya sebagai presiden ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada seluruh alumni-alumni PMII karena su dah banyak membantu kerja-kerja pemerintah,” kata Jokowi saat membuka Musyawarah IKA-PMII di Hotel JS Luwansa, Jakarta, kemarin.

Jokowi mengatakan ba - nyak kader PMII yang membantunya dalam bekerja. Mulai Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sampai Ha nif Dhakiri yang saat ini men jabat sebagai menteri ke - tenagakerjaan (menaker). “Bapak Muhaimin Iskan dar, beliau ini banyak mem ban tu sa - ya.

Ada yang kelihatan ada yang tidak. Itu kerja-kerja po litik. Yang lain Pak Sekjen, Pak Hanif Dhakiri, menteri yang pen de kat - an kepada komunitas mau pun serikat pekerja sangat in tens sekali. Sehingga kalau kita lihat dalam empat tahun ini al ham - dulillah sangat ba gus,” paparnya Tak lupa Jokowi yang juga menyebut nama Menteri Pe - muda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

“Kemudian Pak Imam Nah rawi, mungkin sudah enam bulan ini kurang tidur karena mempersiapkan Asian Games 2018,” tuturnya. Pada kesempatan itu, Jo - kowi juga mengungkapkan ingin memperkuat ekonomi umat melalui pondok pe san - tren. Sa lah satunya dengan pe - m ben tuk an Bank Wakaf Mikro di ling kungan pondok se bagai ba gian dari upaya un tuk me ma - ju kan ekonomi umat.

“Kita tahun ini telah mem bangun 40 Bank Wakaf Mikro di pondokpondok pesantren. Te tapi kalau ini kita lihat benar bermanfaat bagi umat dan ko munitas bisnis yang ada di pon dok, ini juga akan kita besarkan dalam jumlah yang lebih banyak lagi,” katanya.

Selain itu, pemerintah me - lalui Kementerian Ketena ga - kerjaan juga tengah menyiap kan sarana pelatihan yang di sedia - kan secara khusus di ling kungan pondok pesantren. Se ca ra khu - sus, Jokowi meminta Menaker Hanif Dhakiri untuk menjalan - kan program itu.

“Pak Sekjen (IKA PMII) Pak Hanif, te lah men - coba tahun ini 50 balai latihan kerja komunitas di pon dok pe - santren. Tahun depan sa ya sudah perintahkan untuk di ba ngun mi ni mal 1.000. Kita akan bantu di pondok-pondok pe santren be - rupa gedung, pe r alat an, dan in - frastruktur,” uca p nya.

Dalam kesempatan itu, Ke - tua Umum PBNU Said Aqil Siradj menilai paket kebijakan ekon o - mi yang dikeluarkan peme rin tah belum menyentuh masya ra kat NU paling bawah. Menu rut nya, dalam Alquran secara tegas me - nye butkan percuma jika ber or - ga ni sasi, di pemerintahan atau - pun di legislatif, tapi tidak ber - dampak bagi masyarakat. Ma ka itu bagi siapa pun yang ber orga - nisasi, hendaknya dapat mem b e - ri kan manfaat bagi umat.

dita angga