Edisi 21-07-2018
Wujudkan Kemandirian Pangan


BOGOR – Pemerintah Kabupaten Bogor dalam waktu dekat akan menggelar peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari mulai 27-29 Juli ini bertujuan memotivasi dan mengapresiasi petani dan nelayan se-Jawa Barat dalam rangka mewujudkan kemandirian pangan. Saat ini Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Bogor bersama Provinsi Jawa Barat sedang mempersia pkan berbagai rangkaian acara yang biasa dihelat setiap 21 Juli itu.

Kepala Dinas Ta na - man Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor Siti Nuriyanti mengaku telah siap menggelar hari apresiasi petani terakbar tingkat Jawa Barat di Stadion Pakansari, Cibi nong, Kabupaten Bogor.

“Sebagai tuan rumah, kami sangat bersyukur bisa ikut mengapresiasi para pekebun, peternak, dan nelayan di HKP 2018 ini,” katanya di Kantor Dinas Pertanian Tanaman Pa - ngan dan Hortikultura Ka bu - paten Bogor kemarin.

Menurut dia, kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kemandirian petani dan ne - layan melalui wadah Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) agar terus meningkatkan mo - tivasi, pengetahuan, dan ke te - rampilan dalam me wu jud kan kemandirian pangan.

Acara yang mengusung te - ma “Melalui HKP ke-46 Tahun 2018 Kita Tingkatkan Kualitas Pangan untuk Kemajuan dan Kesejahteraan Pe tani/Ne la - yan Jawa Barat” ini akan diisi oleh banyak stan-stan pa me - ran produk hasil pertanian. “Konsep yang akan di - tampil kan juga dirancang un - tuk menghadirkan nuansa per tanian yang kental dan ber - budaya Sunda,” jelasnya.

Dia menambahkan, pi hak - nya akan menggenjot pro duk - si kopi dari Bogor agar semakin dikenal luas oleh seluruh ma - sya rakat Indonesia. Saat ini ada 1.500 petani kopi di Jawa Barat. “Peringatan HKP ini akan menampilkan petani ko - pi dan petani lainnya. Ini loh hasil petani. Kan ada juga temu usaha sarana untuk bertemu langsung,” ucapnya.

Direktur PT Solindo Duta Pra ga Zulfikri Arif selaku pa - nitia pelaksana peringatan HKP berharap pameran ini ba nyak di hadiri masyarakat umum, khu susnya kaum pe lajar se ko - lah tingkat mene ngah, kalang - an petani dan ne layan, dan se - luruh pihak yang mempunyai perhatian penuh terhadap du - nia pertanian di Jawa Barat.

“Dengan lebih dari 200 stan ini, kita menargetkan pengun - jung yang datang lebih dari 3.000 orang,” ucapnya. Dalam pameran ini juga, Dinas Tanaman Pangan, Hor - ti kultura, dan Perkebunan Ka - bu paten Bogor akan meluncur kan varietas hasil perta ni - an antara lain padi, pepaya, pa - la, dan rumput gajah.

Varietasvarietas baru ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para petani agar menjadi pengembangan baru serta dapat meningkatkan pemasaran hasil produksi pertanian dan perkebunan.

haryudi