Edisi 10-08-2018
Jokowi-Ma’ruf vs Prabowo-Sandiaga


JAKARTA - Pertarungan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 dipastikan menghadirkan dua pasangan calon.

Joko Widodo (Jokowi) yang me milih Rais Aam Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) KH Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden (cawapres) akan ber tarung dengan Prabowo Subianto menggandeng Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiago Uno. Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin diusung par tai politik (parpol) yang selama ini men ja di bagian dari koalisi parpol pen du kung pe merintahan, yakni Partai De mo kra si Indo nesia Perjuangan (PDIP), Partai Gol kar, Par tai Kebangkitan Bangsa (PKB), Par tai Pe rsatuan Pembangunan (PPP), Par tai Nasio nal Demokrat (NasDem), dan Par tai Hanu ra, serta partai nonparlemen se perti Partai Persatuan Indonesia (Perin do), Partai Ke adilan dan Persatuan In do ne sia (PKPI), dan Partai Solidaritas In do ne sia (PSI).

Di lain pihak, Prabowo-Sandiago di dukung tiga parpol: Partai Gerakan In do ne - sia Raya (Gerindra), Partai Amanat Na sio - nal (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Partai Demokrat, yang awalnya sem pat merapat dalam koalisi Prabowo, di de tik akhir deklarasi memilih mundur. Nama partai yang dipimpin Susilo Bambang Yu dhoyono (SBY) itu juga tidak disebut da - lam ja jaran parpol pendukung Prabowo- San di aga. Namun bagaimana sikap politik s e lan jutnya Partai Demokrat, hingga be rita ini diturunkan belum ada kejelasan. Kepastian nama dua pasangan ter se - but di peroleh sehari menjelang pend aftar an ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jumat ini. Bahkan, nama Sandiago baru di umum k an sekitar pukul 23.30 WIB tadi ma lam.

Da lam rencana masing-masing, pa sangan Jo kowi-Ma’ruf Amin akan men daftar ke KPU sekitar pukul 09.00 WIB Se belumnya pa sang an tersebut dan par pol pendukung ber kumpul terlebih du lu di Gedung Joeang 45, Jalan Raya Men teng, Jakarta Pusat. Adapun Pra - bowo-San d iaga dijadwalkan men daftar se telah sa lat Jumat. Sebelum ke KPU, ke - dua calon be s erta para pen du kung ber - kum pul di ke diam an Prabowo di Ja lan Ker tanegara, Ja karta Selatan, dan ke mu - di an bersama-sa ma ke Masjid Is tiq lal un - tuk salat Jumat se belum berangkat ke KPU di Jalan Di po ne goro, Jakarta Pusat. Penentuan kedua pasangan ca lon tersebut diwarnai drama po litik hingga detik-detik akhir de klarasi.

Hal ini ditandai perubah an arah pendulum pada ca wapres yang akan men dampingi Jokowi dan dinamika di kubu Prabowo un tuk menen - tu kan sosok ca wa pres. Kondisi yang terjadi se kaligus menan - dai betapa ke ras nya pertarungan dan tarik-menarik yang terjadi di in ternal pen - dukung masing-masing kubu kekuatan politik. Kejutan awalnya di su guhkan kubu Jokowi dengan memun culkan nama Ma’ruf Amin se bagai cawapres. Padahal, se - jak Rabu (8/8) nama Mahfud MD sangat santer akan me n - dam pingi petahana Jokowi. Na - ma tokoh asal Madura ter se but seolah sudah 100% sebagai ca - wapres seiring munculnya un - dangan deklarasi pasangan Jo - kowi-Mahfud MD yang ren ca - nanya digelar di Gedung Pro kla - masi kemarin dan pen daf taran pasangan tersebut ke KPU pada pukul 09.00 WIB ha ri ini.

Apa - lagi, kemudian guru be sar ilmu hukum tata negara UII Yogya - karta itu sudah meng urus surat ke terangan ke Peng adilan Ne - geri Sleman Yogyakarta. Namun, tanpa diduga, arah pen dulum tersebut ber ubah dras tis petang kemarin, se - kitar pu kul 17.40 WIB, saat Se - kjen DPP Partai Ke bang kit an Bang sa (PKB) Abdul Kadir Kar - ding dalam akun twitter nya @Kadir_Karding me nye but Jo kowi me mi lih KH Ma’ruf Amin sebagai ca wa pre snya. Unggahan ter se but d i ser tai foto di mana Kar ding ber pose di depan Jokowi yang se dang meneken sebuah dokumen.

Tak lama berselang, setelah Kar ding mengirimkan in for - ma si mengejutkan tersebut, Jo kowi bersama sembilan ketua umum partai koalisi mem - beri keterangan pers, me nya ta - kan kembali maju sebagai calon pre siden dan mengumumkan KH Ma’ruf Amin sebagai pen - dam pingnya. “Saya me mu tus - kan dan telah mendapatkan per setujuan dari partai-partai koa lisi, yaitu Koalisi Indonesia Ker ja bahwa yang akan men - dam pingi saya sebagai ca wa - pres periode 2019-2024 adalah Pro fesor Doktor Kiai Haji Ma’ruf Amin,” kata Jokowi di Res toran Plataran Menteng, Ja karta Pusat, tadi malam. Informasi yang beredar me - nyebutkan Mahfud MD gagal men jadi cawapres karena di to - lak tiga partai, yakni PKB, PDIP, dan Partai Golkar.

Namun, be - lum ada konfirmasi dari ketiga pa rtai tersebut mengenai hal ini. Hal yang sudah pasti, sehari s e belumnya munculnya pe - nen tangan keras dari kalangan PKB dan Pengurus Besar Nah - dlatul Ulama (PBNU) yang se - cara tidak langsung mem per ta - nyakan ke-NU-an Mahfud MD. Bukan hanya publik yang ka get, Ma’ruf Amin pun kaget. Apa l agi sejak awal dia di po si si - kan sebagai cawapres a lter na - tif. Kepada wartawan dia meng aku baru mendengar na - ma nya di sebut sebagai ca wa - pres se te lah azan magrib. Dia meng aku per tama kali di ka ba ri oleh Se kre taris Negara Pra tik - no bahwa na manya di pi lih Jo - ko wi se ba gai cawapres. Pa da - hal, pada Ra bu (8/8) dia di undang Jokowi ke Is tana Negara, na mun saat itu Ma’ruf Amin men g aku tidak ada pem bicaraan yang meng arah akan di pilih se bagai ca wa pres.

“Mudahmudah an tidak ada aral me lin - tang. Mudah-mudah an bisa sam p ai terpilih dan bisa men ja - lan kan tugas da lam membantu pres iden,” ujar nya saat meng - ge lar kon fe ren si pers di Kantor PBNU, Ja kar ta, tadi malam. Ma’ruf Amin menilai pi lih - an Jokowi terhadapnya bukan se mata-mata karena dia secara pri badi, tapi ini merupakan peng hargaan kepada ulama, ter hadap Nahdlatul Ulama (NU). “Ini berarti Pak Jokowi meng har gai NU, menghargai ulama. Ten tu ini harus dibalas dengan mem bantu dan men - du kung be liau,” katanya. Setelah menggelar jumpa pers di Kantor PBNU, Ma’ruf Amin kembali mengikuti jum - pa pers di Kantor DPP PKB. Da - lam kesempatan itu dia meng - ucap kan terima kasih kepada Jo kowi yang memberi ke per ca - ya an padanya dan meng apre - sia si partai koalisi yang secara so lid memilih namanya.

Secara khusus Ketua Umum MUI itu me nya m pai kan peng - har gaan atas per juang an Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Is - kan dar atau Cak Imin.”Karena mung kin Cak Imin malu, sudah ada ‘Join-Join’ (Jokowi-Imin), wa lau pun isinya jadi Ma’ruf Amin. Ber arti ‘Join’-nya tetap tak ber ubah,” ujarnya saat meng gelar jump a pers di Kan - tor DPP PKB, Jakarta. Muhaimin Iskandar ber ha - rap kepada seluruh rakyat In do - ne sia agar dalam Pemilu 2019 men dukung sepenuhnya pa - sang an Jokowi-Ma’ruf Amin se - hingga bisa men ja di kan In do - ne sia lebih kuat. “Se mo ga In do - nesia menjadi lebih ma ju. S e la - mat berjuang kita se mua. Se la - mat berjuang Romo Kiai Ma’ruf Amin. Selamat ke pa da Kiai Ma’ruf Amin. Sel a mat ke pa da kader-kader PKB,” katanya.

Sementara itu, Mahfud MD meng aku tidak kecewa karena akhir nya tidak dipilih sebagai ca wapres Jokowi, karena hal ter sebut menjadi wewenang Jo kowi dengan mem per tim - bang kan konfigurasi politik se - ca ra matang. Kendati dem i ki - an, dia mengaku kaget dengan pi lihan itu karena sebelumnya dia sudah diminta untuk mem - per siapkan diri sebagai ca wa - pres. Saya tidak kecewa, tapi ka - get saja karena sudah di min ta mempersiapkan diri, bah kan sudah agak detail,” kata Mah - fud didampingi elite Par tai Solidaritas Indonesia di MMD Institute, Jakarta, tadi malam.

Ketua Dewan Kehormatan PP ISNU itu menilai apa yang ter jadi biasa dalam politik. Me - nurut dia, semua pihak harus le - bih mengutamakan ke se la mat - an negara daripada sek a dar me - milih namanya, Ma’ruf Amin, atau nama calon lain. “Ja di kita te rima keputusan, pro sesnya sa ngat kon s ti tus i o nal, ya kita du kung negara ini ha rus tetap be r jalan,” tuturnya. Tadi malam Mahfud MD ber temu dengan Jokowi dan me nyampaikan sikapnya yang le gowo tersebut. Dia pun me - min ta Jokowi tidak merasa ber sa lah, karena kalau dirinya ber ada di posisi Jokowi pasti akan mengambil sikap sama ke tika dihadapkan pada situasi po litik demikian.

“Itu kan dia (Jo kowi) dihadapkan pada si - tua si harus membuat ke pu tus - an yang, kalau tidak ada ke pu - tus an, berisiko kan bagi dia ka - re na harus ada yang me nan da - tangani koalisi itu. Menurut saya ya biasa saja, ndak apaapa,” kata Mahfud. * Sementara itu, dinamika in - ternal parpol di kubu Pra bowo tak kalah keras sebelum a khir - nya memutuskan Sand i aga Uno se bagai cawapres. Di na mika ter utama terkait ne go sia si de - ngan Partai Demokrat. Ma lam se belumnya Partai De mo krat mem berikan sinyal heng kang da r i koalisi seperti di sampaikan Wa sekjen DPP Par t ai Demokrat Andi Arief da lam cuitannya yang menyebut Pr abowo se ba - gai “jenderal kardus”. Kemarin Prabowo sempat me ngunjungi kediaman SBY di Me ga Kuningan, Jakarta Se latan.

Selama proses negosiasi ber langsung, nama Agus H a ri - mur ti Yudhoyono (AHY) kem - bali mencuat. Selain mencuat pula nama Ustaz Arifin Ilham dan KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Namun, hingga ham pir tengah malam kubu Pra bowo belum juga men g - umum kan nama cawapres. Baru sekitar pukul 23.30 WIB tadi malam, Prabowo ber - sa ma pimpinan parpol koalisi meng u mumkan Sandiaga se - ba gai cawapres. Saat membuka sam butan, mantan komandan jen deral Kopassus tersebut ti - dak menyebut Partai De mo - krat. Fakta tersebut m e negas - kan n egosiasi Prabowo dengan Par tai Demokrat gagal me ne - mu kan titik temu.

“Pada saat ini baru saja pim - pinan dari tiga parpol, yaitu PKS, PAN, dan Partai Gerindra te lah memutuskan dan mem - beri kepercayaan kepada saya, Pra bowo Subianto, dan Saudara Sandiaga Uno untuk maju se bagai calon presiden dan ca - wa pres untuk masa bakti 2019- 2024,” kata Prabowo Subianto me mbuka deklarasi di ke diam - annya di Jalan Kertanegara, Ja - kar ta, kemarin malam. Dalam deklarasi itu turut ha dir Ketum PAN Zulkifli Ha - san, Presiden PKS Moh Sohibul Iman, Ketua Dewan Ke hor - mat an PAN Amien Rais, Ketua Ma jelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri dan para pejabat pen - ting ketiga partai itu. Pra bo wo mengakui proses ini tidak mu dah dan mele lah - kan.

Dia ju ga menyatakan bah - wa mem ba ngun suatu koalisi ti d ak mudah ka rena banyak yang harus di per temukan. Ka - re na ini me ru pa kan tanggung ja wab, dia pun t erus m e la ku - kan komunikasi po litik dengan PKS, PAN, dan Pa r tai De mo - krat. “Kami sudah dari awal te - lah membentuk koa lisi de facto dan koalisi de fac to tidak hanya ke marin, ber mu la dari tang - gung jawab ber sa ma sejak kami menghadapi ber bagai masalah pe lik dan rawan, terutama Pil - ka da 2017 lalu,” paparnya. Sandiaga Uno meminta doa res tu kepada seluruh rak - yat In do nesia agar pasangan Pr a bo wo Subianto dan Sand iaga Uno bisa menghadirkan pe me rin tah an yang kuat dan fo kus un tuk membangun keman dirian bang sa.

“Kami mo - hon doa res tu untuk bisa meng hadirkan pe m erintahan yang kuat, yang fokus untuk memb angun ke man dirian bangs a, me nye dia kan lap ang - an kerja, me mas ti kan sta bi litas pembangunan de ngan pe - me rintahan yang ber sih,” kata San di di ke sem pat an sama.

Abdul rochim/ kiswondari/ dita angga