Edisi 10-08-2018
PPIH Gandeng 4 Lembaga Arab Saudi


MEKKAH –Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Mekkah me nyatakan ada empat lembaga pembayaran dam atau denda yang mudah diakses jamaah haji Indonesia.

Empat lembaga tersebut juga untuk pembayaran he - wan kurban dan fidiah. Kepala Daker Mekkah En - dang Jumali mengatakan, em - pat lembaga tersebut adalah Kan tor Pos Arab Saudi, Bank Al- Rajhi, Badan Amal Jamiyah Ha - diyat al-Hajj Muktamir al-Kha - yri yah, dan Badan Amal Ja mi - yah Namaa Al Khayriyah. Nilai pembayaran dam lewat lembaga-lembaga yang di tun - juk itu senilai 475 Riyal Saudi. Jika pembayaran dam di luar empat lembaga itu, jumlahnya bisa lebih dari angka itu. Dia mengatakan tempat pembayaran resmi itu merujuk pada hasil rapat yang dihadiri perwakilan Kantor Urusan Haji Indonesia (KUHI), Islamic De - ve lopmant Bank (IDB), Pos Arab Saudi, dan Al Rajhi Bank.

Pembayaran dam lewat lem - baga-lembaga itu, menurut dia, bermanfaat untuk memu dah - kan jamaah Indonesia. KUHI juga mengizinkan IDB untuk membuka gerai di hotel jamaah Indonesia sehingga semakin me mudahkan jamaah untuk membayar dam. Kendati demikian Endang mengatakan tempat pemba yaran dam diserahkan kepada ja - maah masing-masing. Alas an - nya terdapat jamaah yang lebih suka membayar dam yang di - koor dinasi Kelompok Bim bing an Ibadah Haji (KBIH) atau - pun secara mandiri. Adapun dam merujuk pada denda atau tebusan bagi mereka yang menunaikan haji atau um - rah, tetapi melakukan pelang garan syariah. Pelanggaran itu mi salnya melakukan larangan-lara ngan ihram atau tidak dapat menyempurnakan wajib haji seperti mabit di Mina atau Muz dalifah.

Jamaah Indonesia um umnya melakukan ibadah haji se - cara tamattu’ atau melakukan um rah terlebih dahulu baru ber - haji. Pelaksanaan haji jenis ini juga dikenai dam. Sebelumnya KetuaPPIHArab Saudi Ahmad Dumyathi Ba sori bersama jajarannya pada Jumat (4/8) malam lalu me la kukan pertemuan Islamic De velopment Bank dan Kantor Pos Arab Saudi di Kantor Daker Mekkah. Dalam pertemuan tersebut disepakati untuk pembayaran dam melalui 11 gerai Kantor Pos Arab Saudi yang ditempatkan di setiap sektor.

“Alhamdulillah su - dah disepakati bahwa pem ba - yaran dam via Gerai Kantor Pos Arab Saudi di semua sektor (11 sektor). Pembayaran dengan ku - pon senilai 475 riyal (setara Rp1,9 juta/kurs1riyal=Rp4.000). Halini menjawab pertanyaan jamaah di mana mereka membeli kupon dam,” katanya.